Kompas.com - 12/10/2017, 07:15 WIB
Memotret makanan untuk dipasang di media sosial RidofranzMemotret makanan untuk dipasang di media sosial
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com -Memilih makanan bukan lagi karena karena kebutuhan fisik semata--melainkan jadi bagian dari gaya hidup. Apalagi untuk orang muda atau generasi milenial, syarat utama makanan yang mereka sukai adalah tak sekadar enak tapi harus memiliki tampilan tak biasa.

"Ada studi di Amerika Serikat tentang perilaku masyarakat masa kini, di mana tiga dari empat milenial membutuhkan makanan yang membangkitkan pengalaman baru, membuat mereka lebih senang juga memiliki pengalaman stimulasi rasa, pengalaman makanan yang challenging (menantang) dan lebih berekspresi," kata psikolog Ajeng Raviando saat peluncuran Cadbury 5 Star di The Westin, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Dari sisi tampilan, menurut Ajeng, bisa digabungkan dengan stimulasi rasa, sehingga akhirnya makanan itu bisa menarik untuk dikonsumsi oleh generasi milenial. Ia mengungkapkan perilaku generasi milenial memang suka dengan tantangan baru dan eskperimen.

Situasi ini tak lepas dari perubahan zaman yang membuat semua hal kian beragam, termasuk makanan.

"Kalau zaman dulu enggak banyak pilihan, sekarang banyak plihan dan buat tingkat kepuasan kian tinggi," ujar Ajeng.

Dia mencontohkan cokelat yang dulu hanya berbentuk batangan untuk dikonsumsi. Namun sekarang beragam varian dan bentuk yang memang menyesuaikan keinginan generasi milenial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.