Kompas.com - 13/10/2017, 07:00 WIB
Ilustrasi pexelsIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Dalam hal olahraga, ternyata berlebihan berolahraga sama bahayanya dengan tidak pernah berolahraga.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Layola University Medical Center pernah menemukan bahwa seorang atlit muda yang terlalu sering melakukan olahraga ditemukan lebih sering mengalami cedera dibandingkan dengan atlit yang melakukan olahraga dengan waktu moderat.

Tak hanya masalah fisik seperti cedera, kelelahan, maupun masalah tidur, olahraga berlebihan (overtraining) juga dapat mempengaruhi kehidupan sosial dan kesehatan mental.

Untuk menghindari overtraining yang membahayakan kesehatan maupun kehidupan sosial, berikut beberapa tanda ‘obsesi olahraga’ yang perlu Anda waspadai.

 Anda merasa bersalah jika tidak berlatih setidaknya selama dua jam sehari

Kecuali bila Anda adalah atlet yang memang membutuhkan spesialisasi dalam olahraga tertentu, olahraga selama 2 jam selama sehari tampak berlebihan untuk orang biasa. Cukup jadwalkan latihan selama 45 hingga 60 menit.

Olahraga lebih dari 1 jam sehari sudah membuat kadar hormon stres kortisol melonjak sementara kadar hormon pembentuk otot testosteron menurun. Sehingga, latihan berlebihan justru menjadi kontraproduktif terhadap tujuan Anda membentuk otot yang seksi. Di samping energi Anda akan habis untuk menikmati hal lain bersama rekan maupun keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diet ketat makan tanpa lemak atau hanya makan protein dan menghindari asupan lain

Terlalu ketat untuk makan makanan "sehat" atau "bersih" berisiko membuat Anda terkena gangguan ortherexia nervosa. Gejalanya ialah merasa bersalah berlebihan atau stres saat Anda melanggar peraturan makan, bahkan sampai ingin memuntahkan makanan yang dianggap tak sehat.

Gangguan makan ini kerap dialami oleh orang-orang yang terobesesi membentuk otot atau menurunkan berat badan. Nah, ketimbang terlalu obsesi pada jenis diet tertentu, lebih sehat dan membahagiakan bila Anda menyeimbangkan asupan nutrisi harian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.