Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2017, 10:01 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Gucci, merek mewah Italia, mengumumkan secara resmi tak akan lagi menggunakan bulu hewan (Fur-free) pada tahun 2018 dan melelang sisa koleksinya yang masih memakai bulu hewan.

CEO Gucci, Marco Bizzarri mengatakan bahwa mereka membuat keputusan ini untuk mempertegas komitmen perusahaannya dalam menjaga keberlanjutan (sustainability) sebagai bagian dari bisnisnya.

"Apa menurutmu menggunakan bulu hari ini masih modern? Saya tidak berpikir itu masih modern dan itulah alasan mengapa kami memutuskan untuk tidak melakukan itu. Ini agak ketinggalan zaman," kata Bizzarri dalam sebuah acara di London College of Fashion,

"Kreativitas bisa didapatkan dari berbagai arah dan bukan hanya menggunakan bulu binatang." tambahnya.

Gucci bergabung dengan merek ternama lain seperti Calvin Klein, Ralph Lauren, Tommy Hilfiger dan Armani yang telah berhenti menggunakan bulu hewan dalam koleksi pakaian mereka.

Meski Gucci identik dengan pemakaian bulu di sepatunya, tapi menurut Bizzarri keputusan penghentian penggunaan bulu tidak akan berdampak pada bisnisnya terlalu banyak.

Produk bulu bernilai sekitar 10 Juta Euro setiap tahunnya dan Bizzarri mengatakan, bahwa bahan seperti inovasi kain imitasi, wol dan kain harus dapat mengkompensasi hal ini.

Selain itu, larangan penggunaan bulu juga bisa menumbuhkan basis konsumen Gucci yang lebih muda dan cenderung lebih etis dan modern dari pada generasi sebelumnya.

Keputusan tersebut juga dilakukan dengan bantuan direktur kreatif Gucci Alessandro Michele.

"Fashion selalu tentang tren dan mengantisipasi keinginan konsumen. Direksi yang memiliki kreatifitas terbaik dapat mengantisipasinya, mencium sesuatu di luar sebelum orang lain. Agar fashion dan modernitas berjalan bersama." pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com