Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2017, 18:07 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Benefit mengonsumsi buah memang tidak pernah habis, termasuk jika kita makan apel yang memiliki manfaat beragam untuk kesehatan.

Konsumsi apel setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan karena kandungan serat, vitamin, fitonutrien, serta antioksidan di dalamnya. Ini bisa mencegah kita dari berbagai penyakit, dan tentunya menjauhkan dari keharusan berkunjung ke dokter karena sakit.

Manfaat apel termasuk mencegah penyakit jantung, mencegah asma, membantu menurunkan berat badan, mencegah penyakit karena usia tua, membantu menjaga kesehatan pencernaan, hingga meningkatkan kerja sistem imun.

Benefit makan apel yang lain adalah untuk mencegah penuaan dini, kata Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Prof Ahmad Sulaeman. Ahmad mengatakan benefit itu lantaran ada kandungan penolik dan flavonoid.

"Kalau apel dipotong jadi warna cokelat, nah itu ada senyawa yang bersifat anti-oksidan," kata Ahmad saat Jelajah Gizi 2017 yang diselenggarakan Nutricia Sarihusada di kebun apel, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2017).

Baca juga: 6 Buah-buahan Tinggi Vitamin C, Selain Jeruk

Penuaan terjadi karena oksidasi. Keberadaan dua senyawa tersebut kata Ahmad, akan menangkap radikal bebas yang merupakan salah satu faktor oksidasi dan akan kembali menetralkan.

"Dengan makan apel itu bisa menjaga kebersihan dan kebugaran kulit," kata Ahmad.

Apel MalangKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Apel Malang
Lantas, berapa banyak makan apel agar kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini? Ahmad mengatakan sebenarnya tak ada batasan untuk mengonsumsi buah, karena kandungan melimpah dan menyehatkan. Namun, Ahmad mengatakan organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan agar mengonsumsi buah lima sampai tujuh kali sehari.

Adapun komponen pada apel yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda yaitu:

1. Fitonutrien

Warna merah yang mendominasi sebagian besar jenis apel ternyata bukan tanpa manfaat. Warna merah ini disebabkan adanya antosianin, sejenis fitonutrien (senyawa kimia unik yang hanya terdapat pada tumbuhan) yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Antosianin bersifat anti inflamasi dan anti kanker, dapat mencegah berkembangnya penyakit jantung, mengontrol obesitas, hingga membantu mengontrol kadar gula darah.

Antosianin juga berperan dalam menjaga kesehatan penglihatan dan membantu mencegah penurunan fungsi saraf yang disebabkan oleh usia tua. Salah satu flavonol yang ditemukan di apel dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker pankreas.

2. Antioksidan

Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama karena fungsinya untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Kita bisa mendapat radikal bebas dari sisa metabolisme dalam tubuh dan juga dari berbagai polutan yang terdapat dalam makanan, udara, bahkan sinar matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com