Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2017, 20:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beraktivitas seharian, badan pasti akan terasa lelah dan banyak dari kita pasti ingin langsung merebahkan badan ke tempat tidur sampai terbangun di pagi hari.

Namun, jika wajah masih penuh makeup atau dalam kondisi kotor, kita sebaiknya membersihkannya terlebih dahulu sebelum tidur, baik dengan air atau produk pembersih.

"Kalau wajah masih kotor atau make up masih menempel lalu kita langsung tidur, akibatnya wajah malah akan menjadi kusam," kata Boy Intan, Managing Director Karya Estetika Indonesia saat ditemui Kompas Lifestyle di Cosmobeaute, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Menurut Boy, kesalahan setiap orang yang justru mengakibatkan wajah terlihat kusam adalah tidak membersihkan wajah terlebih dahulu saat malam hari usai menjalani aktivitas.

"Secapek-capeknya Anda, kalau mau tidur, wajah itu harus di cuci dulu, cleansing kemudian pakai krim malam agar kulit tidak kusam," terangnya.

Baca juga: Cara Pria Rawat Kulit Wajah di Usia 20, 30, 40, 50an

Jika Anda tetap tidur malam dengan kondisi wajah yang kotor, maka bukan tidak mungkin selain kusam, kulit bisa jadi iritasi.

"Saat tidur, pori-pori wajah itu terbuka, kalau wajah masih ditempeli kotoran, kotoran itu akan menyerap masuk ke kulit," ucapnya.

Maka dari itu, dirinya menyarankan agar membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum tidur di malam hari. Karena kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang harus mendapatkan perawatan yang maksimal.

Baca juga: 10 Kesalahan Mencuci Muka yang Bikin Jerawatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com