Kompas.com - 15/10/2017, 20:30 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beraktivitas seharian, badan pasti akan terasa lelah dan banyak dari kita pasti ingin langsung merebahkan badan ke tempat tidur sampai terbangun di pagi hari.

Namun, jika wajah masih penuh makeup atau dalam kondisi kotor, kita sebaiknya membersihkannya terlebih dahulu sebelum tidur, baik dengan air atau produk pembersih.

"Kalau wajah masih kotor atau make up masih menempel lalu kita langsung tidur, akibatnya wajah malah akan menjadi kusam," kata Boy Intan, Managing Director Karya Estetika Indonesia saat ditemui Kompas Lifestyle di Cosmobeaute, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Menurut Boy, kesalahan setiap orang yang justru mengakibatkan wajah terlihat kusam adalah tidak membersihkan wajah terlebih dahulu saat malam hari usai menjalani aktivitas.

"Secapek-capeknya Anda, kalau mau tidur, wajah itu harus di cuci dulu, cleansing kemudian pakai krim malam agar kulit tidak kusam," terangnya.

Baca juga: Cara Pria Rawat Kulit Wajah di Usia 20, 30, 40, 50an

Jika Anda tetap tidur malam dengan kondisi wajah yang kotor, maka bukan tidak mungkin selain kusam, kulit bisa jadi iritasi.

"Saat tidur, pori-pori wajah itu terbuka, kalau wajah masih ditempeli kotoran, kotoran itu akan menyerap masuk ke kulit," ucapnya.

Maka dari itu, dirinya menyarankan agar membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum tidur di malam hari. Karena kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang harus mendapatkan perawatan yang maksimal.

Baca juga: 10 Kesalahan Mencuci Muka yang Bikin Jerawatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.