Buah-Buahan yang Baik untuk Sarapan

Kompas.com - 16/10/2017, 05:41 WIB
Ilustrasi buah baibazIlustrasi buah
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Memulai hari dengan sarapan dapat membantu memberikan energi awal untuk menjalankan aktivitas Anda seharian. Penelitian telah banyak menunjukkan bahwa sarapan sehat di pagi hari dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu meningkatkan konsentrasi dan kinerja untuk melakukan aktivitas, dan juga dapat memberi kekuatan dan daya tahan untuk menghadapi hari.

Beberapa makanan bisa menjadi menu sarapan, seperti sereal, oatmeal, roti, telur, sampai buah-buahan. Ya, buah-buahan merupakan salah satu menu yang membuat sarapan menjadi sehat. Di dalam buah-buahan terkandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Misalnya, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah dapat membantu mencegah penyakit tertentu, kandungan kalium dalam buah dapat membantu menyehatkan otot, dan masih banyak lagi. Buah juga mengandung banyak serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini merupakan buah-buahan yang bisa Anda konsumsi saat sarapan.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah untuk ditemui di musim apapun. Makan pisang di pagi hari merupakan ide yang bagus. Pisang mengandung karbohidrat dan juga serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk penderita hipertensi. Anda bisa memakan pisang dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, dibuat smoothies, ditambahkan ke dalam sereal atau oatmeal, dan bisa dengan cara lainnya.

Semangka

Semangka mengandung banyak air, sehingga mampu menghidrasi tubuh Anda dengan baik. Semangka bisa menjadi buah yang baik dimakan pada pagi hari.

Buah semangkapilipphoto Buah semangka
Kandungan likopen dalam buah semangka juga berperan penting pada penglihatan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker. Perlu diketahui bahwa likopen dapat ditemukan dalam buah atau sayuran yang berwarna merah.

Buah berry

Buah-buahan berry, seperti blueberry, strawberry, dan raspberry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam buah berry (terutama strawberry dan blueberry) tersedia dalam bentuk antosianin yang dapat melindungi jantung Anda.

Ilustrasi. Ilustrasi.
Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Buah-buahan ini juga memiliki banyak serat (sekitar 8 gram serat per 100 gram buah berry), tetapi mengandung kalori yang rendah (sekitar 80 kalori per 100 gram buah berry). Sehingga Anda tidak perlu khawatir ia akan meningkatkan berat badan Anda jika dimakan dalam jumlah banyak. Kandungan serat yang banyak dalam buah berry juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X