Kompas.com - 16/10/2017, 08:42 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Menatap wajah lawan bicara umumnya menjadi tanda bahwa Anda menyimak cerita-cerita mereka. Namun, bila Anda fokus untuk melihat raut wajah seseorang yang sedang berbicara dengan Anda, terutama kekasih, cara itu bisa membuat Anda “gagal” untuk mengerti apa sebenarnya emosi yang sedang ia rasakan.

Saran “jadilah pendengar yang baik” ternyata benar-benar berguna bila Anda ingin mengerti perasaan wanita.

Psikolog Michael W. Kraus. Ph.D dari Yale School of Management mencoba menjelajahi dinamika emosional dan interaksi sosial manusia.

Menurut studi yang dilakukannya, orang yang hanya mendengarkan selama percakapan, tanpa bisa membaca ekspresi wajah pasangan mereka, bisa lebih akurat dalam mengukur perasaan orang lain.

Dalam studi baru yang diterbitkan di jurnal American Psychologist itu, peneliti melakukan lima eksperimen berbeda yang melibatkan lebih dari 1.800 orang di A.S. Dalam eksperimen tersebut, setiap orang diminta untuk berinteraksi satu sama lain dalam berbagai keadaan.

Dalam beberapa kasus, mereka hanya dapat mendengarkan dan tidak melihat, di kasus lain, mereka bisa melihat tapi tidak sepenuhnya mendengarkan, dan dalam beberapa kasus lainnya, peserta diminta mampu untuk melihat dan mendengarkan sekaligus.

Hasilnya, peserta yang fokus mendengarkan namun tidak fokus melihat raut wajah lawan bicara mereka, kemungkinan besar benar-benar dapat mengidentifikasi emosi orang lain.

"Banyak tes kecerdasan emosional yang mengandalkan persepsi wajah," kata Kraus, penulis utama studi. "Namun apa yang kita temukan di sini adalah bahwa kebanyakan orang-orang terlalu memperhatikan wajah lawan bicaranya, padahal suara sangat mungkin memiliki lebih banyak konten yang diperlukan untuk memahami keadaan internal orang lain secara akurat."

Jadi, pada saat Anda berdebat dengan kekasih, cobalah untuk lebih fokus pada apa yang ia bicarakan dan bagaimana nada suaranya. Pastikan dia tidak menganggap Anda mengabaikannya, dengan posisi tubuh tetap menghadap lawan bicara.

Dengan begitu, diharapkan pria lebih mengerti apa yang sebenarnya wanita rasakan, sebab make-up yang digunakan wanita bisa saja “mengaburkan” emosi sesungguhnya yang mereka rasakan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X