Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2017, 05:17 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Siapa tidak ingin punya rambut indah dan sehat? Baik pria dan wanita tentu ingin hal ini. Rutin mencuci rambut merupakan salah satu kuncinya. Tak hanya itu, banyak produsen produk perawatan rambut juga menyarankan agar Anda pakai conditioner setelah pakai sampo. Tapi, apa benar conditioner memang berpengaruh untuk kesehatan rambut?

Conditioner merupakan salah satu produk yang disarankan untuk dipakai setelah sampo. Conditioner ini berfungsi untuk menghidrasi kutikula (lapisan terluar rambut), sehingga kutikula yang renggang menjadi rapat lagi. Hal ini menambah kelembaban rambut yang mungkin hilang saat memakai shampo. Juga, membuat rambut terasa lebih halus dan lembut, serta membuat rambut lebih mudah diatur.

Seperti yang disarankan oleh Nick Arrojo, penulis “Great Hair: Secrets to Looking Fabulous and Feeling Beautiful Every Day”, sebaiknya pakai conditioner setiap kali Anda mencuci rambut, dilansir dari WebMD.

Pemakaian conditioner sangat diperlukan, terutama untuk rambut kering, rapuh, rambut berwarna, atau rambut yang sering terpapar bahan kimia atau proses styling. Dengan menggunakan conditioner, kelembaban rambut akan terjaga sehingga rambut tampak lebih indah dan sehat.

Baca juga: Seberapa Sering Kita Sebaiknya Keramas?

Bagaimana cara memakai conditioner?

Sebelum pakai conditioner, sebaiknya baca aturan pakai. Banyak produk menyarankan agar menggunakan conditioner setelah pakai sampo. Hal ini karena shampo biasanya membuat rambut menjadi lebih kering. Sehingga, dengan menggunakan conditioner setelah shampo, maka kelembaban rambut Anda akan kembali lagi.

Selain itu, hindari menggunakan conditioner sampai akar rambut. Cukup oleskan conditioner dari batang sampai ujung rambut. Ini merupakan cara terbaik untuk melembabkan rambut Anda di tempat yang paling membutuhkan.

Juga, jangan terlalu banyak saat pakai conditioner, ini justru dapat membuat rambut terlihat tidak bervolume dan rata begitu saja. Sebaiknya pakai conditioner secukupnya saja.

Kenali jenis rambut Anda

Sebelum memilih sampo dan conditioner, sebaiknya kenali dulu jenis rambut Anda. Berbeda jenis rambut akan berbeda pula jenis sampo dan conditioner yang sebaiknya dipakai. Setiap orang mempunyai jenis rambut yang berbeda-beda.

Jika memang rambut Anda sudah berkilau dan indah sejak lahir, Anda mungkin tidak perlu pusing-pusing harus memilih sampo seperti apa dan harus memakai conditioner atau tidak. Namun, kebanyakan orang harus merawat rambutnya agar mendapatkan rambut yang indah.

Seperti yang dijelaskan oleh Arrojo, ada lima jenis rambut yang membutuhkan perawatan berbeda, yaitu:

  •     Rambut normal atau halus, cuci rambut dengan sampo dan conditioner yang dapat menambah volume rambut
  •     Rambut keriting, pakai sampo dan conditioner khusus untuk rambut kering untuk mencegah rambut menjadi kering dan tidak beraturan
  •     Rambut kering, pilih shampo yang mengandung moisturizer untuk menambah kelembaban rambut. Anda bisa memilih sampo yang mengandung minyak kelapa, minyak alpukat, atau minyak argan. Juga, pilih conditioner yang khusus rambut kering.
  •     Rambut berminyak, pilih sampo khusus untuk rambut berminyak dan pilih conditioner yang hanya mengandung sedikit minyak. Jika muncul ketombe (masalah pada rambut berminyak), pilih sampo antiketombe yang mengandung bahan seperti ketoconazole, zinc pyrithione, atau selenium sulfide.
  •     Rambut berwarna, pilih sampo dan conditioner yang bisa melembabkan rambut dan tidak menghilangkan warna rambut Anda.

Jadi, pilihlah sampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Hal ini membuat shampo dan conditioner bisa bekerja lebih baik pada rambut Anda dan memberikan hasil yang sempurna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.