Jangan Langsung Mencuci Muka Setelah Terpapar Sinar Matahari

Kompas.com - 17/10/2017, 17:52 WIB
Ilustrasi mencuci muka GeorgeRudyIlustrasi mencuci muka
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Menyegarkan diri dengan air setelah kulit terpapar sinar matahari mungkin bukan pilihan yang baik. Salah satu efeknya adalah membuat kulit kering, bahkan bisa menimbulkan vlek hitam.

"Ibaratnya, ketika gelas kita isi dengan air panas, lalu airnya kita buang dan langsung kita memasukannya dengan air dingin, yang mungkin terjadi adalah gelas tersebut akan retak-retak bahkan pecah," kata dr.Hartinia Permata Sari, Diploma Estetika International CIDESCO di acara peluncuran Skin Brightener Series di Klinik Hang Lekiu, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Menurut wanita yang disapa Nia ini, sebaiknya diamkan dulu kulit sekitar 10 menit sebelum membasuhnya dengan air.

"Fungsinya agar kulit wajah kita kembali ke kondisi normal dulu dan menyesuaikan dengan suhu udara sekitar," ucapnya.

Nia menambahkan, untuk menyejukkan kulit wajah yang telah terpapar sinar matahari bisa juga dengan menggunakan "face toner".  Kemudian gunakan pelembab wajah yang kaya nutrisi untuk mencegah peradangan.

Untuk melindungi kulit, selalu gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.

Biasanya SPF yang cocok untuk kulit Indonesia adalah SPF 15 untuk aktivitas harian di dalam ruangan. Sedangkan untuk aktivitas di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang cukup lama, gunakan SPF 24. Sedangkan aktivitas yang terkena air di bawah sinar matahari seperti berenang, gunakan SPF 30 yang anti-air.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X