Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2017, 05:35 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis


KOMPAS.com - Cokelat memang lebih terkenal sebagai makanan kesukaan dibanding makanan bergizi. Namun, cokelat ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Rebecca Scritchfield penulis buku Body Kindness mengatakan bahwa cokelat mengandung senyawa ajaib yang disebut flavonoid. Sifat antioksidan dalam flavonoid cokelat inilah yang bermanfaat bagi kesehatan.

"Flavonoid dalam cokelat berfungsi untuk memperlancar aliran darah dan menurunkan kolesterol," ujar Rebecca.

Senyawa flavonoid dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, teh dan anggur merah. Senyawa ini memiliki manfaat untuk menghalau virus, alergi, peradangan dan tumor.

Flavonoid ternyata juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan sangat berperan dalam penurunan kolesterol dan memperlancar aliran darah.

Konsumsi cokelat juga memberi manfaat bagi kesehatan jantung. Kandugan flavanol yang tinggi berfungsi sebagai vasolidator (pelebar pembuluh darah) sehingga baik untuk jantung.

Lauren Kelly, pakar nutrisi dari New York juga menambahkan bahwa kakao dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang mendorong pelebaran pembuluh darah sehingga mampu memperbaiki sistem kerja jantung yang bermasalah.

"Selain itu, kakao bermanfaat untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah dan menurunkan kolesterol yang merupakan faktor terbesar penyebab penyakit jantung," ujar Kelly.

Penelitian yang dilakukan oleh Rebecca juga menemukan fakta bahwa mereka yang mengkonsumsi minuman kaya flavonoid dalam kakao, mengalami peningkatan fungsi kognitif.

"Kandungan dalam kakao terbukti memperlancar aliran darah sehingga mampu meningkatkan fungsi kognitif yang cenderung menurun seiring beranjaknya usia," papar Rebecca.

Baca juga: Aroma Cokelat Bisa Membuat Langsing?

Ilustrasi cokelatPicLeidenschaft Ilustrasi cokelat
Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, cokelat juga memiliki fungsi bagi kecantikan.

Penelitian menunjukan bahwa senyawa flavonoid dalam cokelat membatu penyerapan sinar UV, meningkatkan aliran darah ke kulit, menghaluskan kulit dan mencegah kulit mengalami dehidrasi.

Tidak sembarang jenis cokelat dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Lalu, bagaimanakah cokelat yang baik untuk kita kosumsi?

Menurut Rebecca, cokelat yang baik adalah cokelat yang mengandung kakao murni dengan persentase di atas 70 persen.

"Cokelat putih tidak mengandung senyawa flavanoid, sementara cokelat susu hanya mengandung sedikit senyawa flavonoid. Perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi cokelat susu karena mengandung konsentrasi gula mencapai 22 gram per ons," ujar Rebecca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com