Inilah Alasan Mengapa Cokelat Baik untuk Kita

Kompas.com - 18/10/2017, 05:35 WIB
Ilustrasi cokelat DianaDudaIlustrasi cokelat
|
EditorWisnubrata


KOMPAS.com - Cokelat memang lebih terkenal sebagai makanan kesukaan dibanding makanan bergizi. Namun, cokelat ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Rebecca Scritchfield penulis buku Body Kindness mengatakan bahwa cokelat mengandung senyawa ajaib yang disebut flavonoid. Sifat antioksidan dalam flavonoid cokelat inilah yang bermanfaat bagi kesehatan.

"Flavonoid dalam cokelat berfungsi untuk memperlancar aliran darah dan menurunkan kolesterol," ujar Rebecca.

Senyawa flavonoid dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, teh dan anggur merah. Senyawa ini memiliki manfaat untuk menghalau virus, alergi, peradangan dan tumor.

Flavonoid ternyata juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan sangat berperan dalam penurunan kolesterol dan memperlancar aliran darah.

Konsumsi cokelat juga memberi manfaat bagi kesehatan jantung. Kandugan flavanol yang tinggi berfungsi sebagai vasolidator (pelebar pembuluh darah) sehingga baik untuk jantung.

Lauren Kelly, pakar nutrisi dari New York juga menambahkan bahwa kakao dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang mendorong pelebaran pembuluh darah sehingga mampu memperbaiki sistem kerja jantung yang bermasalah.

"Selain itu, kakao bermanfaat untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah dan menurunkan kolesterol yang merupakan faktor terbesar penyebab penyakit jantung," ujar Kelly.

Penelitian yang dilakukan oleh Rebecca juga menemukan fakta bahwa mereka yang mengkonsumsi minuman kaya flavonoid dalam kakao, mengalami peningkatan fungsi kognitif.

"Kandungan dalam kakao terbukti memperlancar aliran darah sehingga mampu meningkatkan fungsi kognitif yang cenderung menurun seiring beranjaknya usia," papar Rebecca.

Baca juga: Aroma Cokelat Bisa Membuat Langsing?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X