Kompas.com - 18/10/2017, 11:13 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Setinggi apa pun jabatan Anda di kantor, ketika pertama kali bertemu calon mertua pasti akan ada rasa cemas dan tegang. Bahkan ketegangannya melebihi saat menjalani wawancara kerja. Kita pasti khawatir calon mertua memiliki kesan buruk pada kita atau malah hubungan tidak direstui berlanjut ke tahap serius.

Nah, agar "mimpi buruk" itu tidak sampai jadi kenyataan, berikut beberapa rahasia yang bisa digunakan untuk menaklukkan hati calon mertua:

1. Tidak berlebihan

Saat pertama kali bertemu, calon mertua biasanya akan bertanya bagaimana Anda kenal dengan anak mereka?

Ceritakan kisah tersebut secara jujur. Meski tiap orangtua suka mendengar kisah lucu dari anaknya, tetapi jangan sampai Anda mengarang kisah seperti Nicholas Sparks agar terlihat menakjubkan. Tapi, pastikan dulu apa yang Anda ceritakan sama dengan versi kekasih yang kemungkinan besar sudah bercerita pada orangtuanya tentang awal mula ia pacaran dengan Anda.

2. Kenali keluarga pasangan

Bertemu dengan calon mertua untuk pertama kalinya, tidak berbeda dengan wawancara kerja. Anda perlu melakukan riset kecil. Pelajarilah segala hal tentang keluarga pasangan, semisal apa saja kegiatan mereka, bagaimana kepribadian mereka, bahkan sejarah keluarga pasangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda juga harus mengetahui hal-hal unik dalam keluarga pasangan anda, seperti kebiasaan "aneh", kecenderungan politik dan sebagainya. Mengenali keluarga pasangan lebih awal dapat membuat percakapan lebih mengalir dan mengurangi kegelisahan. Anda juga perlu meminta saran dari pasangan sebelum menemui keluarganya. Hal ini juga membuktikan seberapa besar usaha Anda.

3. Berpakaian yang sesuai

Masalah pakaian seharusnya bukan menjadi masalah besar. Cukup kenakan pakaian yang sesuai agar tidak menimbulkan kesan berlebihan di mata calon mertua.

Jangan pernah mengenakan pakaian yang tidak semestinya, seperti memakai kaus kaki dengan sandal, memakai pakaian yang kumal atau terlalu terbuka. Pastikan juga Anda dalam kondisi bersih, segar, dan harum.

Halaman:


Sumber D'marge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.