Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Menjadikan Jakarta sebagai Kota Marathon Dunia

Kompas.com - 18/10/2017, 20:23 WIB
Wisnubrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Lari sudah menjadi gaya hidup banyak warga di dunia, termasuk di Jakarta. Berbagai acara lari, mulai dari 5K hingga marathon selalu dipenuhi mereka yang sudah kecanduan olahraga ini, ataupun yang menjadikan lari sebagai kegiatan yang fun.

Nah, kini pilihan acara untuk lari bertambah dengan akan diselenggarakannya Mandiri Jakarta Marathon (MJM) 2017 yang ke-5 pada hari Minggu, 29 Oktober 2017. Lewat acara ini, Jakarta diharapkan bisa dikenal sebagai salah satu kota marathon sebagaimana Boston, Paris, Berlin atau Tokyo.

Dengan ambisi seperti itu, maka penyelenggara perlu melakukan banyak perbaikan. Penyempurnaan dan pembenahan infrastruktur guna menempatkan Jakarta di jajaran kota marathon kelas dunia terus dilakukan, antara lain program live streaming full marathon 42,195 km, penyediaan fasilitas virtual run dan peluncuran theme song Mandiri Jakarta Marathon.

Tayangan live streaming dimaksudkan agar masyarakat dapat mengikuti serunya MJM 2017 secara real time. Melalui Virtual Run, para pecinta marathon yang tidak dapat hadir di MJM 2017 dapat juga berlomba di wilayah daerah masing-masing dan mendapatkan amenitis yang berlaku dengan menggunakan teknologi Virtual Run Mobile Apps.

Rute Mandiri Jakarta Marathon tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Menonjolkan keindahan landmark-landmark ikonik kota Jakarta seperti Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Monas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Rute lomba yang akan dilewati oleh para peserta ini telah melalui proses kalibrasi dan telah memperoleh  sertifikat dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF) dengan nilai grade A dan tingkat elevasi rute 0 m/km.

Masih mengambil lokasi start dan finish di Monas, Mandiri Jakarta Marathon 2017 akan melombakan 5 (lima) nomor lari, yaitu;

•             Marathon dengan jarak tempuh 42,195 KM, flag off start pada pkl. 05:00 WIB

•             Half Marathon dengan jarak tempuh 21 KM, flag off start pada pkl. 05:10 WIB

•             10K dengan jarak tempuh 10 KM, flag off start pada pkl. 05:25 WIB

•             5K dengan jarak tempuh 5 KM, flag off start pada pkl. 05:40 WIB

•             Maratoonz (Children’s Sprint), flag off start pada pkl. 08:00 WIB.

Sapta Nirwandar, selaku Chairman Jakarta Marathon berharap, melalui tema “Never Give Up”, Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat semakin menyulut semangat para runners Indonesia dan dunia untuk berlomba dengan semangat pantang menyerah.

Walaupun jalanan kota Jakarta sedang dalam proses pembangunan yang masif terkait persiapan infrastruktur sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018 dan berbagai kendala lainnya, penyelenggara terus berjuang untuk mempersembahkan yang terbaik melalui berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan.

Sebanyak 16.000 pelari telah terdaftar sebagai peserta, di mana lebih dari 1.585 adalah pelari asing yang datang dari 50 negara. Ajang lomba dengan total hadiah Rp 774 juta ini diharapkan mendongkrak kunjungan wisatawan dan menjadi penggerak ekonomi sekaligus melejitkan pamor Jakarta sebagai destinasi “sport tourism” kelas dunia.

Theme song MJM berjudul “Kuberlari” juga diciptakan untuk acara ini, oleh Albert Juwono (Djoo), seorang komposer jingle iklan yang berkolaborasi dengan penyanyi Alina. Lagu ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan tertarik untuk rutin berolahraga.

Keterangan lebih lanjut mengenai Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat diakses melalui www.thejakartamarathon.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com