Kompas.com - 19/10/2017, 05:16 WIB
Ilustrasi lari pagi jacoblundIlustrasi lari pagi
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Selain mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, olahraga juga perlu dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda kalau mau berat badan cepat turun.

Olahraga pada dasarnya boleh dan baik dilakukan kapan saja, di mana saja. Namun, adakah waktu olahraga terbaik agar penurunan berat badan lebih efektif — pagi atau malam hari?

Dilansir dari berbagai penelitian, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah di pagi hari. Terlebih jika dilakukan sebelum sarapan. Penelitian oleh Gonzalez pada tahun 2013 lalu menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak.

Dalam rangka mengurangi lemak, tubuh harus menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, sumber energi yang dibakar berasal dari lemak tubuh dan cadangan energi yang sudah siap digunakan. Bukan membakar makanan yang masih ada dalam perut.

Pada gilirannya, ini akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar akan lebih banyak. Anda juga jadi tak cepat kelaparan selama seharian setelah berolahraga pagi.

Sebabnya, saat kita berolahraga sebelum makan, tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin. Hormon ini akan bekerja lebih sensitif sehingga lebih efektif membantu menyerap nutrisi dari makanan, dan lebih baik menyalurkannya ke otot dan hati.

Kadar gula darah yang stabil ini juga membuat kita tidak cepat lapar sehingga tidak akan makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi dua perempuan berolahraga di gymBojan89 Ilustrasi dua perempuan berolahraga di gym
Olahraga pagi dapat pula membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Satu tim peneliti menemukan bahwa orang-orang bisa tidur lebih nyenyak setelah konsisten berolahraga setiap pagi (sekitar empat jam dalam seminggu) daripada mereka yang olahraga malam.

Apa harus selalu olahraga di pagi hari kalau mau turun berat badan? Seperti yang telah disinggung di atas, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah pagi hari. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di bawah sinar matahari selama dua jam cenderung memiliki berat badan yang lebih ideal.

Mereka juga dinilai lebih mampu mengelola berat badan mereka dibanding orang yang tidak mendapat cahaya alami.

Ilustrasi bersepeda pagiSolovyova Ilustrasi bersepeda pagi
Selain lebih efektif menurunkan berat badan dan bikin tubuh lebih bugar, olahraga di pagi hari juga bisa memberi banyak energi untuk Anda.

Tapi itu bukan berarti Anda tidak boleh dan tidak bisa berolahraga di waktu lainnya, kalau tidak punya waktu. Pada dasarnya, berolahraga di pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari sama baiknya.

Lebih baik mengutamakan untuk terus aktif bergerak kapanpun Anda bisa, ketimbang tidak melakukannya sama sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.