Kompas.com - 20/10/2017, 20:11 WIB
Kondom untuk seks yang aman Mukhina1Kondom untuk seks yang aman
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Saat sedang diburu gairah, para pria umumnya tak punya waktu untuk memeriksa apakah kondom yang akan digunakan telah lewat tanggal kadaluwarsanya. Padahal itu adalah salah satu hal yang harus dicek sebelum mengenakannya.

Kondom yang telah kadaluwarsa bukan hanya mengganggu efektivitas bercinta, namun ia  juga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya sebagai pengaman. Mengapa begitu?

Baca : Dua Efek Perlindungan Kondom

Bahan Apa Saja Untuk Membuat Kondom?

Biasanya, kondom terbuat dari bahan lateks, poliuretan, atau kulit domba. Menurut Dr. Leah Millheiser dari Stanfors University School of Medicine, Amerika, tidak semua jenis bahan pembuat kondom bisa dipakai semua orang.

"Beberapa orang ada yang alergi dengan bahan lateks dan ada juga yang merasa lebih nyaman menggunakan kondom berbahan kulit domba," ucap Dr. Leah

Dr. Leah juga menambahkan bahwa kondom berbahan kulit domba tidak mampu mencegah penularan penyakit menular seksual. Namun, semua bahan pembuat kondom tersebut tidak bisa bertahan selamanya atau memiliki masa kadaluwarsa.

Berapa Lama Daya Tahan Kondom?

Menurut pakar seksologi dari Kanada, Jessica O'Reilly, kondom berbahan lateks umumnya bertahan selama lima tahun setelah tanggal pembuatan.

"Hal ini juga bergantung dengan bahan pelumas dan spermisida (alat kontrasepsi untuk membunuh sperma) yang digunakan," papar Jessica.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.