Kompas.com - 20/10/2017, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Memasuki usia senja, seks bukan lagi menjadi prioritas bagi kaum wanita. Ternyata ada penyebab utama mengapa seiring bertambahnya umur banyak wanita yang kehilangan minat pada aktivitas seksual.

Menurut sebuah studi yang dipublikasi di jurnal Menopause banyak yang menganggap seks di usia senja itu menyakitkan.

Studi tersebut fokus pada suatu kondisi yang disebut sindrom genitourinari--sebuah istilah untuk berbagai masalah pada kandung kemih dan vagina yang memengaruhi menopause wanita.

Survei terhadap lebih dari 1.500 wanita berusia di atas 55 tahun menemukan, 45 persen wanita pasca-menopause "biasanya" atau "selalu" merasakan sakit dan ketidaknyamanan saat berhubungan seks. Rasa takut sakit tersebut menyebabkan mereka menghindari hubungan seks.

Masalah lain yang dihadapi wanita menopause termasuk penipisan dinding vagina (yang menyebabkan rasa sakit), masalah kandung kemih, kekeringan dan kurang tertarik dengan pasangan.

Berbeda dengan rasa sakit saat berhubungan seks pada wanita menopause yang sudah diketahui dokter selama bertahun-tahun, sindrom genitourinari tidak terlalu begitu dikenal seperti penyebab lain, misalnya vaginismus, di mana otot vagina mengencang sehingga membuat seks tidak nyaman.

Para peneliti di Kaiser Permanente Center for Health Research mengatakan temuan mereka mendorong agar wanita di usia senja untuk lebih terbuka dan jujur sehingga bisa mengeksplorasi perawatan terbaik untuk mereka.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.