Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2017, 21:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki usia senja, seks bukan lagi menjadi prioritas bagi kaum wanita. Ternyata ada penyebab utama mengapa seiring bertambahnya umur banyak wanita yang kehilangan minat pada aktivitas seksual.

Menurut sebuah studi yang dipublikasi di jurnal Menopause banyak yang menganggap seks di usia senja itu menyakitkan.

Studi tersebut fokus pada suatu kondisi yang disebut sindrom genitourinari--sebuah istilah untuk berbagai masalah pada kandung kemih dan vagina yang memengaruhi menopause wanita.

Survei terhadap lebih dari 1.500 wanita berusia di atas 55 tahun menemukan, 45 persen wanita pasca-menopause "biasanya" atau "selalu" merasakan sakit dan ketidaknyamanan saat berhubungan seks. Rasa takut sakit tersebut menyebabkan mereka menghindari hubungan seks.

Masalah lain yang dihadapi wanita menopause termasuk penipisan dinding vagina (yang menyebabkan rasa sakit), masalah kandung kemih, kekeringan dan kurang tertarik dengan pasangan.

Berbeda dengan rasa sakit saat berhubungan seks pada wanita menopause yang sudah diketahui dokter selama bertahun-tahun, sindrom genitourinari tidak terlalu begitu dikenal seperti penyebab lain, misalnya vaginismus, di mana otot vagina mengencang sehingga membuat seks tidak nyaman.

Para peneliti di Kaiser Permanente Center for Health Research mengatakan temuan mereka mendorong agar wanita di usia senja untuk lebih terbuka dan jujur sehingga bisa mengeksplorasi perawatan terbaik untuk mereka.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com