Kompas.com - 21/10/2017, 17:58 WIB
Ilustrasi berlari huasuiIlustrasi berlari
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

TANGERANG, KOMPAS.com – Kebanyakan orang berlari untuk kesehatan. Namun ada juga yang berlari karena tujuan tertentu, entah penggalangan dana atau sebagai sebuah bentuk kampanye.

Nah, kali ini Harian Kompas dan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mempersembahkan Paperun, Charity Fun Run 5K, yang ditujukan untuk meningkatkan minat baca dan tulis di Indonesia.

Acara yang dilaksanakan di QBIG, BSD, Tangerang, ini menyuguhkan tantangan seru bagi para pesertanya.

Data  Unicef menyebutkan Indonesia menempati urutan ke-60 dalam tingkat literasi yang dapat diartikan minat baca di negara ini masih sangat kurang. Padahal, dengan membaca, seseorang tidak hanya menambah pengetahuan diri, tetapi juga mengubah masa depannya.

“Membaca tidak hanya penting untuk diri sendiri, tetapi juga kemajuan bangsa. Kebiasaan baik ini tentu perlu ditularkan. Namun, terkadang  kurangnya  referensi membuat banyak orang urung membaca buku,” ujar Lukminto Wibowo, General Manager Event Harian Kompas dalam siaran pers-nya.

“Dengan terselenggaranya acara ini, harian Kompas dan APP Sinar Mas ingin mengajak peserta mendonasikan buku-buku favorit mereka untuk disalurkan ke daerah yang membutuhkan”, lanjut Lukminto Wibowo.

"Kegiatan ini kita harapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang tingkat literasinya masih rendah,” tambah Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peserta akan diajak berlari sejauh 5 kilometer dalam Paperun. Meskipun jarak tempuh lari tidak terlalu  jauh, para  peserta akan mendapatkan beberapa “kejutan” di sepanjang rute lari, yaitu rintangan-rintangan seru yang harus dilewati peserta untuk menuju garis finis.

Rintangan itu antara lain Juggling Wheel, dimana peserta harus melewati rintangan ban yang ditumpuk berjajar. Ada pula Temple Bubble, yakni peserta akan diminta untuk menaiki tangga dan berseluncur ke bawah, lalu peserta akan memompa adrenalinnya di Istana Balon Raksasa.

Terakhir, ketika menuju garis finis terdapat Rainbow Tunnel yang akan menyambut kemenangan peserta dengan hujan kertas.

Tak  hanya  kesiapan  fisik,  kesiapan mental pun diuji dalam Paperun. Selain hadiah utama yang didapatkan apabila berhasil mencapai garis finis dengan waktu yang ditentukan, para peserta juga mendapat kesempatan untuk memenangkan iPhone, kamera, drone, sepeda, dan doorprize menarik lainnya.

Acara tak berhenti hingga garis finis. Para peserta bakal dihibur dengan berbagai penampilan seru dari Jevin Julian dan The Changcuters.

Selain itu, ada Instagram photo contest dan penghargaan untuk best costume pada akhir acara. Seluruh biaya pendaftaran akan didonasikan untuk pengembangan literasi yang diharapkan akan mengangkat tingkat literasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.