Anda Pemula dan Ingin Main Golf? Siapkan Uang Rp 5,5 Juta

Kompas.com - 23/10/2017, 07:20 WIB
GolfShutterstock Golf

KOMPAS.com - Permainan golf sering dianggap sebagai olahraga mahal dan hanya bisa dijangkau oleh orang berkantong tebal. Citra tersebut masuk akal mengingat biaya sewa lapangan dan peralatan golf memang tidak murah.

Gambaran mahalnya bermain golf Kompas Lifestyle temui ketika mengikuti Famtrip The Ambassador & Diplomatic Tour yang diikuti diplomat dari berbagai negara di Bintan Lagoon Golf Club, Kepulauan Riau beberapa waktu lalu.

Salah seorang instruktur golf Yudiono memberikan gambarannya biaya yang harus disiapkan bagi seseorang yang baru pertama kali main golf dan belum memiliki perlengkapan.

"Olahraga golf memang mahal, karena olahraga ini adalah olahraga yang elegan," kata Yudiono ketika ditemui di Bintan Lagoon Golf Club.

Pertama-tama, Anda harus membayar sewa lapangan sebesar 70 Dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 910.000. Harga tersebut menurut Yudiono adalah harga yang terbilang murah di Bintan.

Biaya sewa venue biasanya sudah termasuk mobil golf yang bisa dipakai selama berada di arena lapangan. Selanjutnya, ada juga biaya untuk sewa stik golf sebesar 25 dollar atau Rp 325.000.

Untuk bermain golf, tentunya Anda membutuhkan bola saat bermain. Biaya untuk membeli bola adalah sebesar 20 dollar untuk satu kotak berisi 10 bola. Harga bola tersebut adalah bola bekas atau used ball. Jika ingin membeli yang baru mungkin akan lebih mahal dari harga itu.

Biaya lainnya adalah Tee yang digunakan. Tee itu adalah tempat meletakan bola golf yang akan dipukul. Tee ada yang terbuat dari kayu dan ada juga yang terbuat dari plastik. Satu set berisi 500 bola dengan harga Rp 500.000.

Selain itu, agar jari tangan tidak lecet atau bahkan kuku Anda luka karena belum terbiasa mengayun stik golf, disarankan untuk memakai sarung tangan. Sarung tangan biasanya dijual dengan harga kurang lebih Rp 390.000 per pasang, tergantung merek.

Arena lapangan golf umumnya memiliki suhu udara yang agak panas. Meski terlihat hijau efek dari rumput dan pepohonan yang ada disekitarnya, namun karena berada di areal terbuka, paparan sinar matahari akan cukup terasa menyengat. Lindungi diri dengan menggunakan topi golf yang harganya berkisar ratusan ribu.

Untuk menunjang kenyamanan bermain golf, pakaian dan sepatu juga harus disesuaikan, biasanya pakaian memiliki harga yang bervariasi mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 500.000. Sepatu pun mulai dari Rp 1.000.000 sampai Rp 2.000.000 tergantung dari merek yang digunakan.

Terakhir, dalam bermain golf, pastinya Anda akan ditemani oleh caddy yang akan membantu untuk menunjukkan rute sampai membawakan perangkat golf. Anda pun harus memberikan tips kepada caddy usai bermain golf.

"Disini terbilang murah ya, 20 dollar tipsnya dari setiap orang. Sebetulnya tidak bisa memaksa juga harus kasih 20 dollar, terserah mereka. Tetapi biasanya kita kasih tahu dulu kalau di sekitar Bintan-Batam tips minimal untuk caddy itu 20 dollar," ucap Yudiono.

Jika dihitung secara total berdasarkan rata-rata harga di atas, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 5,5 juta untuk mendapatkan seperangkat alat golf dan bermain golf. Anggaran yang harus Anda keluarkan tersebut belum termasuk biaya jika Anda ingin makan atau minum.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorLusia Kus Anna
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X