Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoga dan Aerobic Bisa Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Kompas.com - 24/10/2017, 08:10 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa melakukan olahraga secara teratur adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tetapi bagi mereka yang ingin serius mengurangi risiko penyakit jantung, ada dua jenis olahraga yang lebih bermanfaat dibanding yang lain.

Menurut sebuah penelitian baru dari HG SMS Hospital di India, latihan yoga dan aerobik sangat efektif dalam mencegah penyakit jantung.

Baca juga : Tekuni Yoga, Dian Nitami Mengaku Jadi Jarang Sakit
 
Tim peneliti dalam hal ini meminta 750 pasien penyakit jantung untuk mengikuti tiga jenis latihan yang berbeda, diantaranya latihan aerobik, yoga, atau latihan aerobik dan yoga. Semua kelompok tersebut melakukannya dalam tiga sesi selama enam bulan latihan secara rutin.

Ilustrasi pose yoga vrischikasana fizkes Ilustrasi pose yoga vrischikasana
Pada akhir masa percobaan, mereka yang melakukan latihan aerobik maupun yoga menunjukkan penurunan tekanan darah, dan kolesterol. Namun, kelompok yang mencoba kedua latihan tersebut melihat peningkatan manfaat sebesar dua kali lipat.

Baca juga:Baca juga : Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung?

"Gabungan latihan yoga dan aerobik mengurangi tekanan mental, fisik dan vaskular. Selain itu, pasien penyakit jantung bisa mendapatkan keuntungan dari belajar yoga dan menjadikannya sebagai bagian yang rutin untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari," kata Dr Sonal Tanwar, seorang ilmuwan dalam kardiologi pencegahan, dan Dr Naresh Sen, seorang ahli jantung konsultan di HG SMS Hospital.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com