Kompas.com - 24/10/2017, 11:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Lebih dari sekadar memperindah penampilan wanita, berlian sering dipilih sebagai investasi. Padahal, dibanding investasi lain berlian sebenarnya kurang menguntungkan.

Walau harganya cukup mahal, tetapi berlian memiliki harga yang relatif stabil, itu sebabnya tidak akan memberikan hasil yang tinggi seperti halnya instrumen investasi lain, seperti emas.

"Pergerahan harga berlian tidak dimanis. Berlian ini low value, low risk," ujar pakar berlian dari Gemological Institute of America Devi Cahayadi dalam acara Media Workshop Diamond Talk di Hotel Pullman Jakarta, beberapa waktu lalu.

Perhiasan berlian memiliki nilai heritage.Dok Miss Mondial Perhiasan berlian memiliki nilai heritage.
Walau demikian, berlian memiliki nilai heritage yang dapat diwariskan. "Kebanyakan berlian dipilih sebagai tanda kelahiran, pernikahan, atau pertunangan, jadi ada memorinya," ujar Devi.

Selain itu, berlian juga bisa menjadi simbol status pemakainya. "Ini adalah portable wealth atau kekayaan yang bisa dipamerkan. Beda dengan emas batangan yang hanya bisa disimpan saja," katanya.

Jika Anda tertarik mengoleksi berlian, ketahui dulu faktor yang menentukan kualitas berlian, yaitu 4C (cut, clarity, carat, dan color). Selain itu, selalu cek harga berlian di pasaran dengan membandingkan.

"Waspadai juga berlian yang pabrikan karena ada yang bagus banget dan mirip dengan berlian asli. Jadi pilih penjual yang terpercaya dan memiliki sertifikasi berlian," saran Devi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.