Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2017, 11:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Lebih dari sekadar memperindah penampilan wanita, berlian sering dipilih sebagai investasi. Padahal, dibanding investasi lain berlian sebenarnya kurang menguntungkan.

Walau harganya cukup mahal, tetapi berlian memiliki harga yang relatif stabil, itu sebabnya tidak akan memberikan hasil yang tinggi seperti halnya instrumen investasi lain, seperti emas.

"Pergerahan harga berlian tidak dimanis. Berlian ini low value, low risk," ujar pakar berlian dari Gemological Institute of America Devi Cahayadi dalam acara Media Workshop Diamond Talk di Hotel Pullman Jakarta, beberapa waktu lalu.

Perhiasan berlian memiliki nilai heritage.Dok Miss Mondial Perhiasan berlian memiliki nilai heritage.
Walau demikian, berlian memiliki nilai heritage yang dapat diwariskan. "Kebanyakan berlian dipilih sebagai tanda kelahiran, pernikahan, atau pertunangan, jadi ada memorinya," ujar Devi.

Selain itu, berlian juga bisa menjadi simbol status pemakainya. "Ini adalah portable wealth atau kekayaan yang bisa dipamerkan. Beda dengan emas batangan yang hanya bisa disimpan saja," katanya.

Jika Anda tertarik mengoleksi berlian, ketahui dulu faktor yang menentukan kualitas berlian, yaitu 4C (cut, clarity, carat, dan color). Selain itu, selalu cek harga berlian di pasaran dengan membandingkan.

"Waspadai juga berlian yang pabrikan karena ada yang bagus banget dan mirip dengan berlian asli. Jadi pilih penjual yang terpercaya dan memiliki sertifikasi berlian," saran Devi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com