Kompas.com - 24/10/2017, 12:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bahan makanan bergizi bisa kehilangan nilai nutrisinya jika kita keliru dalam mengolahnya. Padahal, gizi dalam keadaan alami berperan penting dalam sistem imun tubuh karena lebih mudah diserap tubuh.

"Pengolahan makanan sangat memengaruhi kandungan gizinya. Misalnya saja protein yang dalam suhu tinggi bisa rusak," kata dr.Diana F.Suganda, MKes, SpGK, dalam acara media diskusi di Jakarta (23/10/2017).

Untuk proses pengolahan protein, misalnya ayam, telur, atau ikan, Diana merekomendasikan untuk direbus, kukus, tumis, pepes, atau panggang. Dibuat sup juga disarankan.

Salah satu cara pemasakan yang bisa mengurangi nilai gizi makanan adalah penggorengan dengan suhu tinggi.

"Kalau pun ingin digoreng, jangan deep fried dengan minyak banyak, tapi pakai minyak hanya untuk melumawi wajan, lalu sesekali dibalik agar matangnya merata," kata dokter dari RSIA Asih Jakarta ini.

Sementara itu, penggunaan minyak zaitun atau minyak jagung juga jangan dipanaskan. "Hanya untuk menumis atau dituangkan terakhir saat selesai menumis dan juga dicampurkan dalam salad," ucap Diana.

Minyak yang memiliki lemak baik, seperti minyak canola, jagung, atau zaitun, akan berubah menjadi lemak jenuh jika dipanaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diana juga merekomendasikan agar sayuran tidak direbus sampai matang agar kandungan vitamin di dalamnya tidak larut dalam air.

"Memang tidak semua makanan tidak boleh dikonsumsi matang. Tergantung jenis makanannya. Misalnya saja telur setengah matang, kalau kondisi tubuh sedang tidak fit justru bisa menyebabkan penyakit karena mungkin masih mengandung bakteri," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.