Kompas.com - 25/10/2017, 05:15 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com- Bekerja dari kedai kopi favorit bisa jadi lebih profuktif dibanding bekerja dari kantor. Sebab, menurut laporan The Harvard Business Review, lingkungan ideal yang bisa membangkitkan kreativitas justru didapat bila ada sedikit suara-suara dari orang-orang yang tidak dikenal.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa yang membuat kita terganggu bukanlah suara, tapi siapa yang membuat suara tersebut. Tak heran bila di lingkungan kantor, seseorang cenderung tak bisa menahan diri untuk tidak terlibat dalam percakapan atau sekedar mendengar apa yang sedang dibicarakan. 

Menurut hasil dari tes electroencephalogram (EEG), yang mengukur dan mencatat aktivitas otak, peneliti menemukan bahwa interaksi antar individu, percakapan, dan gangguan lainnya dari orang-orang yang kita kenal, secara negatif akan memengaruhi proses kreatif.

Sedangkan co-working space (ruang kerja bersama), atau kedai kopi—di sisi lain, memiliki suasana bising yang sama, namun kita cenderung tidak terganggu karena tidak mengenal orang-orang lain dan lebih tidak peduli pada apa yang mereka bicarakan.

Baca juga : Butuh Ide Kreatif? Coba Dengarkan Musik yang Satu Ini

Ilustrasi bekerja di kafejacoblund Ilustrasi bekerja di kafe
Faktanya, tingkat kebisingan tertentu justru memicu kita untuk berpikir lebih kreatif, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research.

Dalam riset itu, ilmuwan meneliti tingkat suara yang berbeda pada peserta saat mereka melakukan tes berpikir kreatif. Masing-masing kelompok terpapar berbagai tingkat kebisingan, dari keheningan hingga 50 desibel (suara samar seperti bunyi AC), 70 desibel (tingkat kebisingan serupa dengan kedai kopi), dan 85 desibel (setara dengan suara knalpot sepeda motor yang bising).

Perbedaan antara sebagian besar kelompok secara statistik tidak signifikan; Namun, peserta dalam kelompok 70 desibel mempertahankan fokus yang secara signifikan mengungguli kelompok lainnya.

Baca juga : 7 Cara Membuat Rutinitas Kerja Jadi Lebih Sehat

"Masuk ke lingkungan yang cukup ramai dapat memicu otak untuk berpikir secara abstrak dan dengan demikian menghasilkan ide kreatif," tulis penelitian itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.