Kompas.com - 25/10/2017, 17:16 WIB
Ilustrasi minum minuman manis bersoda CamrockerIlustrasi minum minuman manis bersoda
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Siapa bilang penyakit gula identik dengan wanita yang kerap lebih menyukai kue-kue manis atau cokelat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Science, menghindari istilah “terlalu” dalam konsumsi gula hampir tidak mungkin dilakukan oleh banyak orang, termasuk pria, sebab gula ada dalam segala makan dan minuman, mulai dari susu protein, saus steak, termasuk kopi yang Anda nikmati sepanjang hari.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengamati sekelompok pria selama 12 minggu. Satu kelompok pria merupakan pria dengan kadar lemak liver (lemak hati) yang tinggi, dan kelompok lainnya memiliki kadar lemak liver yang rendah.

Walau begitu, setiap peserta diwajibkan mengikuti diet tinggi gula serta diet rendah gula sehingga para peneliti dapat menentukan dampak gula pada kesehatan.

Hasilnya, pria yang “tanpa sadar” mengonsumsi banyak gula memiliki risiko besar mengalami liver berlemak. Liver berlemak tidak hanya bisa menyebabkan penyakit liver, tapi bisa mengubah metabolisme lemak di tubuh yang akhirnya meningkatkan risiko kerusakan pada jantung dan sistem kardiovaskular secara keseluruhan, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke di usia lebih muda.

Baca juga : 10 Hal yang Terjadi Saat Kita Mengurangi Gula

Lebih buruk lagi, diet tinggi gula juga memicu metabolisme lemak yang berbahaya pada pria dengan tingkat lemak liver yang normal. Dengan kata lain, hasil studi menunjukkan bahwa mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi sudah mampu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular betapapun sehatnya tubuh Anda.

Ilustrasi minum minuman manis bersodaeugenesergeev Ilustrasi minum minuman manis bersoda
Jika pria ingin membatasi gula, cara termudah adalah dengan menghindari makanan olahan, makanan cepat saji, minuman manis dan soda, serta mengurangi gula dalam kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau memerlukan usaha ekstra, menyiapkan sarapan sendiri dengan bahan utuh (seperti alpukat, telur, dan keju) serta membatasi minuman manis sepanjang hari, asupan gula Anda akan turun drastis dalam semalam.

Langkah penting lain dalam membatasi gula sehari-hari adalah dengan menghindari sumber gula terbesar, seperti saus, salad dressing, roti, kopi manis, donat, minuman beralkohol, dan soda.

Baca juga : Tak Makan Gula, Rahasia Fit dan Awet Muda



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.