Kepribadian Memengaruhi Mimpi Saat Tidur?

Kompas.com - 26/10/2017, 07:49 WIB
Ilustrasi tidur nyenyak BavorndejIlustrasi tidur nyenyak
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Seberapa mudah seseorang terlelap ke alam mimpi bisa ditentukan oleh kepribadian dari masing-masing individu.

Menurut sebuah studi terbaru yang melibatkan 1.000 orang di Amerika Serikat, orang yang memiliki kepribadian introvert lebih cenderung mengalami gangguan tidur dibanding mereka yang ekstrovert.

Adapun penelitian ini dilakukan oleh Best Mattress Brand dan melibatkan ciri kepribadian responden yang sudah ditentukan lewat cara Myers Briggs Test.

Seseorang yang lebih menyukai berinteraksi dengan dunia luar digolongkan sebagai ekstrovert, sedangkan seseorang yang lebih memilih dunia dalam dirinya sendiri digolongkan sebagai introvert.

Meskipun beberapa ahli tahu bahwa tes MBT tidak selalu bisa digunakan dalam segala situasi, namun tes ini secara luas dianggap sebagai penanda yang baik dari berbagai karakter.

Nah, setelah peserta mengikuti tes, mereka ditanya serangkaian pertanyaan terkait pengalaman tidur dan mimpi mereka.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa tipe kepribadian berkorelasi dengan kualitas tidur dan apa yang menjadi mimpi dalam tidur kita.

Orang ekstrovert lebih cenderung bisa tidur pulas tanpa terbangun, sehingga tidak mengejutkan bila golongan ini memiliki lebih banyak energi esok harinya dan merasa lebih terjaga.

Kenyataannya, mereka yang ekstrovert 17,7 persen mengaku lebih merasa segar dan bertenaga saat bangun tidur daripada orang introvert.

Baca juga : 5 Alasan Sehat Anda Sebaiknya Tidur Telanjang

Mimpi kita juga terpengaruh, di mana para peneliti menyimpulkan bahwa orang introvert cenderung lebih sering memiliki mimpi buruk dan mimpi yang tidak jelas daripada ekstrovert.

Studi ini juga menemukan perbedaan dalam isi mimpi, di mana ekstrovert cenderung bermimpi tentang traveling, sementara orang-orang yang fokus pada dunia dalam dirinya cenderung bermimpi tentang kondisi tubuh mereka atau melakukan sesuatu tapi tanpa hasil.

Introvert juga lebih sulit menahan tidur saat mereka ingin tetap terjaga dibanding ekstrovert.

Meski demikian, hal yang paling penting adalah menjaga diri agar cukup tidur, karena Anda  tidak bisa mengubah tipe kepribadian dalam sekejab.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber nypost.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X