5 Kesalahpahaman Besar Tentang Kebahagiaan

Kompas.com - 26/10/2017, 17:32 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang mempunyai ukuran kebahagiaan yang berbeda. Ada yang melihat kebahagiaan sebagai perasaan pada momen-momen kecil seperti berbincang dengan teman lama atau makanan hangat.

Ada pula yang melihatnya sebagai sesutau yang lebih dalam seperti pencerahan.

Namun para ilmuwan cenderung melihatnya sebagai sesuatu yang berbeda. Mereka percaya bahwa kebahagian dapat dikendalikan berdasarkan bagaimana orang menjalani kehidupan.

Beberapa temuan besar tentang ilmu kebahagiaan bertentangan dengan pemahaman banyak orang tentang bagaimana menemukan perasaan senang itu sendiri.

Baca juga : Ingin Lebih Bahagia? Belilah Pengalaman Bukan Barang

Berikut beberapa di antaranya:

1. Mempunyai banyak uang dapat meningkatkan kebahagiaan- namun hanya pada satu titik

Gaji yang besar memang terlihat bagus, tapi itu tidak akan serta merta meningkatkan kebahagiaan Anda. Beberapa penelitian awal ekonomi menemukan bahwa gaji yang lebih banyak memang membuat orang merasa lebih aman. Dan rasa aman pada titik tertentu membuat kita senang. Meski demikian, rasa senang itu belum dianggap sebagai kebahagiaan.

2. Kebahagiaan datang dari memberi hadiah, tidak menerimanya.

Membuka hadiah pada hari-hari spesial tidak dapat dipungkiri dapat memberikan kebahagiaan. Namun riset menyebutkan orang yang membeli dan membungkus hadiah mendapatkan kebahagiaan lebih banyak dibandingkan orang yang menerima.

Sebuah penelitian pada 2008 menemukan tingkat kebahagiaan orang meningkat saat ia menghabiskan uang untuk orang lain dan bukan pada diri sendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X