Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Penipuan Lewat Media Sosial yang Tidak Anda Sadari

Kompas.com - 28/10/2017, 22:59 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Membunuh waktu dan mengusir penat dengan media sosial tentu sering kita lakukan. Salah satunya adalah lewat facebook di mana kita bisa menonton video lucu, bermain game, atau menuliskan keluh kesah di halamannya.

Namun, tahukah anda bahwa penjahat juga menggunakannya untuk mencuri uang dan informasi dari kita? Berikut ini bentuk-bentuk penipuan di facebook yang seringkali tidak kita sadari :

1. Fitur kuis facebook

Bermain kuis di facebook terkadang membuat pikiran kita lebih segar. Namun, beberapa fitur kuis di facebook akan meminta akses ke profil Anda. Adam Levin, pendiri The Global Indentity Protection and Data Risk dan sekaligus penulis buku Swiped, mengatakan bahwa fitur tersebut akan mengajukan beberapa pertanyaan lebih jauh mengenai data diri kita.

"Fitur-fitur tersebut murni untuk mengumpulkan data lewat pertanyaan keamanan," papar Adam Levin.

Adam Levin menyarankan agar kita bermain kuis lewat laman yang terpecaya. Selain itu, sebaiknya kita membuat jawaban palsu untuk pertanyaan soal pemulihan kata kunci sehingga password kita sulit dipecahkan.

Mungkin cukup mudah bagi para pebipu ini untuk memancing agar Anda memberitahukan nama masa kecil ibu Anda, kode yang sering digunakan untuk mengkonfirmasi suatu akun. Jadi, berikan jawab palsu yang mudah diingat. Penipuan lewat pertanyaan keamanaan ini adalah cara paling mudah.

Baca :5 Dampak Buruk Keseringan Main Facebook

2. Hadiah yang tidak masuk akal

Siapa yang tidak mau hadiah gratis. Apalagi hadiah tersebut bernilai jutaan. Mungkin kita akan mudah tergiur oleh giveaway (undian) tersebut. Bahkan, dengan mudahnya kita akan mengarahkan kursor pada link 'Sign me up!' untuk mendapatkanya.Tapi, kita perlu waspada akan hal ini.

Eva Velasquez, CEO dan presiden The Indentity Theft Resource Center mengatakan agar kita benar-benar memastikan apakah undian itu nyata sebelum kita ikut serta.

"Ya, memang ada undian yang sah dan ada juga yang palsu. Tapi, biasanya selalu ada maksud tersembunyi di balik undian tersebut," ucapnya.

iPad, tiket penerbangan, atau perhiasan gratis yang dijanjikan oleh sebagian besar perusahaan memang menggiurkan. Syarat-syarat mudah seperti mendaftar newsletter atau membeli produk perusahaan tersebut akan membuat kita kalap dan dengan mudah memberi data pribadi kita.

Tapi sebelum anda melakukannya, pertimbangkan dulu peluang untuk menang dan risiko besar apa yang menghadang dengan melepaskan informasi pribadi. Abaikan tipuan media sosial yang menggunakan cara ini.

3. Teman lama yang baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com