Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2017, 08:01 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com- Apakah anda sedang stres saat ini? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Berdasar penelitian, stres di dunia pekerjaan sudah merasuk ke sendi-sendi kehidupan pribadi kita, dan itu mengancam kelanggengan hubungan dengan pasangan kita.

Penelitian menunjukan bahwa konflik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi faktor perusak nomor satu hubungan pasangan hidup manusia. Mengapa bisa terjadi?

Peneliti Amie M. Gordon, Ph.D. menjelaskan stres membuat orang menarik diri dan merasa kurang diperhatikan. Stres juga dijelaskan sebagai kondisi psikis merespon sebuah tekanan dan juga berpengaruh terhadap anggota tubuh secara fisik serta pikiran. 

(baca juga: Ini Alasan Wanita Tergoda Selingkuh)

Psikolog asal Amerika ini menambahkan bahwa orang stres akan merasa tidak mempunyai 'me time', dan merasa diasingkan oleh pasangannya.

"Kondisi stres yang berlarut akan membuat hubungan pasangan menjadi dangkal, lalu hubungan akan saling menjauh, dan rentan perselisihan," kata Gordon.

Gordon menambahkan bahwa dalam kondisi stres, kita lebih sering melihat yang buruk dari pasangan kita. Stres membuat logika kita tidak berjalan, dan cenderung untuk curiga akan semua hal. Hal tersebut membuat konflik antar pasangan lebih sering terjadi.

Dan saat bertengkar, orang stres tidak akan bisa mendengarkan dengan cermat dan baik. Terjadilah kesalahpahaman yang memicu pertengkaran.

Ilustrasi pasangan marahAstarot Ilustrasi pasangan marah
Perlu diketahui juga, stres menjadi racun bagi hubungan pasangan yang dangkal. Karena pasangan dengan kualitas hubungannya buruk, akan lebih terpengaruh dibandingkan dengan pasangan yang memiliki hubungan lebih stabil.

Bagi pasangan yang stabil, mereka dapat melihat permasalahan dan mencari solusinya, meski permasalahan tersebut tidak terjadi dalam hubungan mereka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.