7 Fitur Tersembunyi di Pesawat yang Tidak Anda Duga

Kompas.com - 30/10/2017, 08:21 WIB
Ilustrasi pramugari melayani penumpang Dmitriy ShironosovIlustrasi pramugari melayani penumpang
|
EditorWisnubrata


KOMPAS.com - Sesering apapun naik pesawat, pasti ada beberapa hal yang luput dari perhatian Anda. Cobalah perhatikan lagi sekeliling saat berada di dalam pesawat.

Anda pasti tidak akan menduga bahwa beberapa fitur ini sebenarnya ada di dalamnya. Berikut ini 7 fitur tersembunyi di dalam pesawat yang tidak anda sadari:

1. Tombol ajaib untuk ruang tambahan

Ilustrasi meregangkan badan di pesawatDavid De Lossy Ilustrasi meregangkan badan di pesawat
Bila Anda duduk di bangku aisle (atau lorong), Anda tidak hanya bisa keluar masuk tanpa perlu membangunkan orang lain, namun juga bisa menambah ruang duduk dengan mengangkat sandaran lengan. Berterimakasihlah pada fitur pesawat yang keren ini.

Menurut Travel+Leisure, Anda harus menekan sebuah tombol di sandaran lengan dekat dengan sikunya. Tombol ini akan membuat sandaran tangan terangkat ke atas secara otomatis dan memberi ruang lebih untuk tubuh.

Baca juga : 10 Hal yang Dialami Tubuh Saat Naik Pesawat

2. Pegangan tersembunyi

Anda pasti kesal saat penumpang lain menggunakan kursi anda sebagai pegangan saat berjalan ke toilet. Begitu juga saat akan pergi ke toilet, Anda sendiri melakukan hal yang sama, karena tidak ada pegangan lain bukan? Salah, ternyata ada.

Ilustrasi garis di sepanjang tempat bagasi pesawat yang bisa dipakai berpegangankapulya Ilustrasi garis di sepanjang tempat bagasi pesawat yang bisa dipakai berpegangan
Menurut Condé Nast Traveler, saat pramugari berjalan dalam pesawat dan menyentuh sisi pesawat bagian atas, mereka tidak sedang iseng. Ternyata bagian bawah kompartemen (tempat menyimpan barang) yang ada di atas kepala kita itu memiliki area bergigi yang memberi pengangan lebih baik saat kita berjalan menyusuri pesawat yang bergerak.

Di lain waktu, cobalah menggunakan fitur tersebut demi keseimbangan tubuh saat menyusuri pesawat. Dengan cara ini, Anda tidak akan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Baca :Ini Alasan Kenapa Kursi Pesawat Berwarna Biru

3. Area tidur rahasia

Penerbangan jarak jauh memang melelahkan bagi penumpang, tapi bayangkan menjadi pilot atau pramugari yang harus melewati penerbangan dalam 14 jam kerja. Mereka tentu lebih lelah.

Tempat tidur bagi awak pesawatinsider Tempat tidur bagi awak pesawat
Menurut Insider, beberapa pesawat, seperti Boeing 777 dan 787, memiliki ruang rahasia yang  bisa dipakai tidur para awak pesawat.

Pintu khusus di bagian depan pesawat atau pintu yang terletak di atas kabin (masuknya lewat tangga) ternyata menyimpan seperangkat alat tidur untuk para awak penerbangan. Tempat tidur tersebut tertutupi oleh tirai tebal yang menjaga privasi dan kenyamanan para kru penerbangan saat tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X