Kompas.com - 31/10/2017, 10:09 WIB
Ilustrasi makan sendiri Digital Vision.Ilustrasi makan sendiri
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Bila Anda terbiasa makan sendiri, lebih baik ubah kebiasaan itu. Ajaklah teman atau kerabat untuk makan bersama, atau bergabunglah dengan rekan-rekan Anda.

Dilansir dari Jurnal Obesity Research and Clinical Practice, orang yang makan sendirian setidaknya dua kali dalam sehari, berisiko besar mengidap gangguan metabolisme daripada mereka yang sering makan bersama orang lain.

Baca juga : Rutin Makan Bareng Keluarga, Banyak Manfaatnya!

Gangguan metabolisme berisiko besar terhadap kesehatan. Sindrom ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol, meningkatkan penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Riset menyebutkan bahwa risiko makan sendirian ini berpengaruh lebih besar pada pria dibanding wanita. Pria yang makan sendiri berisiko 45 persen lebih besar mengalami obesitas dan 64 persen lebih besar menderita gangguan metabolisme.

Sementara itu, wanita yang makan sendirian berisiko mengalami gangguan metabolisme sebesar 29 persen.

Baca juga : 5 Cara Mencegah Makan Berlebihan

Namun, para peneliti juga menemukan bahwa peningkatan risiko ini tidak signifikan setelah disesuaikan dengan faktor-faktor seperti pendapatan dan gaya hidup.

Periset juga berkata bahwa faktor gaya hidup yang berperan besar dalam gangguan metabolisme ini antara lain diet dan stres.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Metabolisme Agar Mudah Langsing

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.