Kompas.com - 31/10/2017, 15:48 WIB
Ilustrasi minum anggur monkeybusinessimagesIlustrasi minum anggur
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Perempuan yang minum segelas anggur merah setiap pekan memiliki kesuburan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi, menurut temuan sebuah studi.

Ilmuwan di Washington Uniersity di St Louis, Missouri, percaya bahwa ini disebabkan karena sejenis anti-oksidan yang melimpah dalam wine.

Dikenal sebagai resveratol, molekul antioksidan tersebut merupakan komponen kunci yang terdapat dalam anggur merah, biji cokelat, dan bluberi. Ia berguna untuk melindungi sel dari tekanan biologis.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan 135 perempuan berusia antara 18 - 44 tahun, di mana setiap dari mereka mengonsumsi minuman beralkohol, dalam jumlah berbeda-beda.

Selama periode ini peneliti juga melakukan pemindaian ultrasound secara reguler kepada setiap perempuan untuk menghitung berapa sisa sel telur sehat yang mereka miliki.

Peneliti menemukan mereka yang rutin mengonsumsi anggur merah, di luar faktor lain seperti usia dan pendapatan, memiliki cadangan ovarium yang lebih baik.

Baca juga : Anggur Merah Ternyata Membantu Mencegah Kematian Sel Otak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, hasil studi tersebut tidak berarti bahwa semua orang yang ingin memiliki anak lalu disarankan minum anggur merah.

Penelitian ini hanya menunjukan manfaat resveratol dalam anggur merah untuk kesuburan perempuan yang minum sekitar lima gelas setiap bulan.

Para ahli juga memperingatkan bahwa hasil penelitian ini memiliki beberapa ketidaksempurnaan, karena belum bisa dibuktikan bahwa penambah kesuburan itu hanya anggur dan bukan faktor lain.

Adam Balem, pimpinan di British Fertility Society, mengatakan kepada The Times bahwa penelitian tersebut ‘menarik’, tapi masih diperlukan penelitian selanjutnya untuk memastikan hubungan antara anggur merah dan tingkat kesuburan.

Baca juga : 5 Fakta Penting Soal Kesuburan Pria

“Ini penelitian yang menarik, namun karena skalanya kecil, makaia belum signifikan secara statistik.”

“Hal lain yang harus dipahami adalah bahwa paparan janin yang sedang berkembang terhadap alkohol dapat menyebabkan kerusakan perkembangannya, sehingga konsumsi alkohol tidak boleh lebih dari enam unit [kira-kira dua gelas anggur besar] per pekan untuk perempuan yang ingin hamil.”


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.