Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2017, 15:48 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Perempuan yang minum segelas anggur merah setiap pekan memiliki kesuburan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi, menurut temuan sebuah studi.

Ilmuwan di Washington Uniersity di St Louis, Missouri, percaya bahwa ini disebabkan karena sejenis anti-oksidan yang melimpah dalam wine.

Dikenal sebagai resveratol, molekul antioksidan tersebut merupakan komponen kunci yang terdapat dalam anggur merah, biji cokelat, dan bluberi. Ia berguna untuk melindungi sel dari tekanan biologis.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan 135 perempuan berusia antara 18 - 44 tahun, di mana setiap dari mereka mengonsumsi minuman beralkohol, dalam jumlah berbeda-beda.

Selama periode ini peneliti juga melakukan pemindaian ultrasound secara reguler kepada setiap perempuan untuk menghitung berapa sisa sel telur sehat yang mereka miliki.

Peneliti menemukan mereka yang rutin mengonsumsi anggur merah, di luar faktor lain seperti usia dan pendapatan, memiliki cadangan ovarium yang lebih baik.

Baca juga : Anggur Merah Ternyata Membantu Mencegah Kematian Sel Otak

Kendati demikian, hasil studi tersebut tidak berarti bahwa semua orang yang ingin memiliki anak lalu disarankan minum anggur merah.

Penelitian ini hanya menunjukan manfaat resveratol dalam anggur merah untuk kesuburan perempuan yang minum sekitar lima gelas setiap bulan.

Para ahli juga memperingatkan bahwa hasil penelitian ini memiliki beberapa ketidaksempurnaan, karena belum bisa dibuktikan bahwa penambah kesuburan itu hanya anggur dan bukan faktor lain.

Adam Balem, pimpinan di British Fertility Society, mengatakan kepada The Times bahwa penelitian tersebut ‘menarik’, tapi masih diperlukan penelitian selanjutnya untuk memastikan hubungan antara anggur merah dan tingkat kesuburan.

Baca juga : 5 Fakta Penting Soal Kesuburan Pria

“Ini penelitian yang menarik, namun karena skalanya kecil, makaia belum signifikan secara statistik.”

“Hal lain yang harus dipahami adalah bahwa paparan janin yang sedang berkembang terhadap alkohol dapat menyebabkan kerusakan perkembangannya, sehingga konsumsi alkohol tidak boleh lebih dari enam unit [kira-kira dua gelas anggur besar] per pekan untuk perempuan yang ingin hamil.”


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com