Mau Bikin Tato? Jangan Buru-buru, Pelajari Dulu Saran-saran Ini...

Kompas.com - 02/11/2017, 11:14 WIB
Lalo Yunda, seniman tato kelahiran Kolombia yang kini menetap di Kota New York dan mendirikan House of Monkey Tattoo. DOKUMENTASI LALO YUNDALalo Yunda, seniman tato kelahiran Kolombia yang kini menetap di Kota New York dan mendirikan House of Monkey Tattoo.
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Anda berniat merajah tubuh? Ada baiknya Anda memperhatikan saran dan masukan yang sampaikan oleh Lalo Yunda.

Lalo Yunda adalah artis tato kenamaan kelahiran Kolombia, yang kini menetap di Kota New York, Amerika Serikat.

Dalam wawancara dengan situs Men’s Health, Yunda mengatakan, ada fase krusial bagi mereka yang memutuskan untuk menorehkan rajah di tubuhnya.

Satu hal utama menurut Yunda adalah, tidak terlalu terburu-buru untuk mengambil keputusan. 

Baca juga : Tato Puting 3 Dimensi, Pelipur Lara Survivor Kanker Payudara

“Cara memilih tato dan seniman harus meniru cara membeli karya seni yang mahal,” kata Yunda.

"Sebab, keduanya merupakan hal yang sama, sungguh, tato adalah seni,” ungkap dia.

Yunda menambahkan, kunci utama dari keputusan itu adalah bagaimana menemukan gaya atau gambar yang paling disukai, dan juga seniman yang cocok untuk itu.

Langkah selanjutnya adalah memastikan tato yang ditorehkan sepenuhnya merupakan kehendak diri sendiri, dan bukan atas dorongan orang lain.

Juga, bukan karena ketakutan terhadap orang lain.

Baca juga : Tato Baru Burung Pemangsa Hiasi Leher Beckham, Apa Maknanya?

"Jadi jangan memilih tato di punggung dan bukan di pergelangan tangan, hanya karena supaya keluarga Anda tidak melihatnya," kata Yunda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X