Kompas.com - 02/11/2017, 13:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mengeringkan area organ genital dengan tisu toilet setelah buang air besar ternyata tidak benar-benar membersihkannya, malah dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Saat negara-negara seperti Jepang, Italia dan Yunani biasanya menggunakan bidet (semprotan air) untuk membersihkan area belakang, negara seperti Inggris, Amerika Serikat dan Australia biasanya masih menggunakan tisu toilet untuk membersihkannya.

Bahaya dari penggunaan tisu toilet adalah sisa kotoran tidak benar-benar bersih. Risiko yang mungkin timbul adalah infeksi pada saluran kemih.

Beberapa pesohor di Amerika pun, seperti Will Smith atau penyanyi rap Will.i.am sering mengungkapkan pentingnya memakai tisu basah untuk membersihkan area belakang.

Selain kurang bersih, pemakaian tisu toilet yang agresif diketahui bisa menyebabkan luka pada bagian anal. Sementara itu infeksi saluran kemih terjadi karena proses pembasuhan yang salah, yaitu menyeka dari belakang ke depan yang akan membuat bakteri dari anus masuk ke bagian organ genital.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.