Onitsuka Tiger Hadir di Indonesia

Kompas.com - 02/11/2017, 14:40 WIB
Toko Onitsuka Tiger di Plaza Senayan Wisnu7AToko Onitsuka Tiger di Plaza Senayan
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu barang yang sering menjadi titipan teman saat kita ke luar negeri adalah sepatu. Dan yang dicari antara lain merek Onitsuka Tiger. Mengapa harus nitip? Karena tidak ada tokonya di Indonesia. Seandainya ada pun, hanya dijual secara online lewat akun-akun Instagram tertentu, dengan pilihan terbatas.

Memakai sepatu asal Jepang ini kemudian menunjukkan bahwa pemakainya pernah bepergian ke negara lain, atau menjadi istimewa karena jarang sekali orang memakainya, alias dianggap barang langka.

Belakangan, pencari merek ini makin banyak, sehingga sepatu-sepatu yang dijual online pun laku dengan cepat, bahkan jadi rebutan. Beberapa orang Indonesia yang keluar negeri juga sering dijumpai di toko-toko Onitsuka di Singapura maupun Tokyo. Karena banyaknya permintaan itu, Onitsuka Tiger kemudian membuka toko pertamanya di Plaza Senayan, Jakarta.

"Akhir-akhir ini banyak orang Indonesia beli Onitsuka bahkan langsung ke Jepang, sehingga kami pikir kenapa tidak buka di Indonesia saja. Jadilah kami membuka toko pertama di sini," ujar Ryoji Shoda, Senior General Manager Divisi Lifestyle Asics Corporation, yang membawahi Onitsuka Tiger, saat peresmian toko.

Toko itu sudah dibuka sekitar tiga minggu lalu, namun baru diresmikan pada Jumat (29/10/2017), dan penjualannya sudah melebihi target awalnya. "Saya juga kaget karena baru beberapa hari, namun penjualannya sudah melebihi perkiraan kami," lanjut Shoda.

Toko Onitsuka Tiger di Plaza SenayanWisnu7A Toko Onitsuka Tiger di Plaza Senayan
Sebagai merk yang mengutamakan barang-barang lifestyle, toko ini juga menjual kaos, topi, jaket, dan pernak-pernik lain di luar sepatu, antara lain koleksi kolaborasi antara Onitsuka Tiger x Andrea Pompilio. Selain itu ada juga koleksi paling populer, yaitu seri Mexico 66, GSM, dan Tiger Corsair.

Untuk mereka yang "tingkatannya sudah lebih advance", di toko ini tersedia pula beberapa sepatu Onitsuka Nippon made. Bagi penggemar, jenis yang dibuat di Jepang ini lebih bergengsi karena bahan dan pengerjaannya berbeda, walau harganya juga terpaut jauh.

"Selain yang regular, ada beberapa Nippon made yang dijual di sini. Mereka yang terbiasa dengan Onitsuka akan melihat bahwa Nippon made ini selain dibuat dengan sangat teliti menggunakan tangan, kualitas dan bahannya pun berbeda. Bagian solnya berbentuk seperti gerigi," ujar Shoda.

Meski begitu, kontrol terhadap kualitas juga dilakukan di semua produk Onitsuka Tiger, baik yang diproduksi di Jepang, maupun yang dibuat di Indonesia dan Vietnam. "Kami yakin Anda akan merasakannya saat mengenakannya," tambah Kenji Oh, direktur marketing Asics Asia.

Dengan hadirnya toko ini, maka pecinta Onitsuka bakal lebih mudah mendapatkan sepatu yang dicarinya tanpa harus menitip teman yang bepergian ke luar negeri. Dan mungkin, harimau Jepang itu tidak akan menjadi barang langka lagi di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X