Kompas.com - 02/11/2017, 15:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada banyak penyebab mengapa wajah terlihat lebih lelah, bahkan sering muncul lingkaran hitam di mata. Selain kurang tidur, faktor penuaan dan gaya hidup jadi pemicunya.

Memang kita tidak mungkin menghapus proses penuaan, tapi beberapa perubahan gaya hidup bisa memperlambat dan juga mencerahkan kulit tanpa harus menutupi lingkaran hitam itu dengan concealer.

1. Genetik
Bukan bermaksud menyalahkan orangtua, tetapi genetik memang berperan pada terbentuknya lingkaran hitam dan kantungmata.

"Orang yang kulitnya lebih gelap punya konsentrasi pigmen (melanin) lebih banyak di bawah mata, sehingga akan menyebabkan warna kulit tidak rata atau ada bayangan hitam," kata ahli dermatologi Dr.Sonia Batra.

2. Siklus tidur
Tidur berperan besar pada timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata karena pembuluh darah yang lebih terlihat di sekitar mata yang tipis.

Ternyata bukan hanya kurang tidur yang bisa menyebabkan lingkaran hitam, tapi juga kebanyakan tidur.

"Saat kita tidur, darah yang beroksigen akan berkumpul di bawah mata. Tidur dalam posisi tertentu, misalnya tengkurap, akan memperparah lingkaran hitam karena gravitasi menyebabkan lebih banyak darah berkumpul di bawah mata. Ini juga membuat kantung mata lebih terlihat," kata Batra.

Sementara itu, kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar sehingga warnanya lebih gelap.

Coba tidur dengan menghirup aroma.shutterstock Coba tidur dengan menghirup aroma.
3. Gaya hidup tidak sehat
Walau concealer cukup efektif menyamarkan lingkaran hitam, tetapi perubahan gaya hidup sebenarnya lebih berperan  pada penampilan kulit jangka panjang. Misalnya saja, minum cukup air putih akan melancarkan aliran darah.

Demikian juga dengan rutin berolahraga yang akan membuat sirkulasi darah lebih bagus sehingga darah tidak berkumpul di bawah mata. Mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin juga efektif mencegah "mata panda".

4. Gejala flu
Saat kita sedang flu, biasanya lingkaran hitam di bawah mata akan lebih terlihat. "Lingkaran hitam bisa terjadi saat kita sedang sakit, kurang tidur, atau kulit tidak punya cukup waktu untuk memperbaiki diri," katanya.

Bukan hanya itu, obat-obatan tertentu juga bisa membuat warna kulit di bawah mata tampak lebih gelap.

5. Produk pembersih make up
Tidur dalam kondisi wajah yang bersih dari make up memang dianjurkan, tetapi cara membersihkannya juga harus tepat. Menggosok bagian kulit mata terlalu sering dan kasar bisa merusak pembuluh darah di area yang rapuh, misalnya sekitar mata. Akibatnya, lingkaran hitam lebih terlihat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.