Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Timbulnya Lingkaran Hitam dan Kantung Mata

Kompas.com - 02/11/2017, 15:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Ada banyak penyebab mengapa wajah terlihat lebih lelah, bahkan sering muncul lingkaran hitam di mata. Selain kurang tidur, faktor penuaan dan gaya hidup jadi pemicunya.

Memang kita tidak mungkin menghapus proses penuaan, tapi beberapa perubahan gaya hidup bisa memperlambat dan juga mencerahkan kulit tanpa harus menutupi lingkaran hitam itu dengan concealer.

1. Genetik
Bukan bermaksud menyalahkan orangtua, tetapi genetik memang berperan pada terbentuknya lingkaran hitam dan kantungmata.

"Orang yang kulitnya lebih gelap punya konsentrasi pigmen (melanin) lebih banyak di bawah mata, sehingga akan menyebabkan warna kulit tidak rata atau ada bayangan hitam," kata ahli dermatologi Dr.Sonia Batra.

2. Siklus tidur
Tidur berperan besar pada timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata karena pembuluh darah yang lebih terlihat di sekitar mata yang tipis.

Ternyata bukan hanya kurang tidur yang bisa menyebabkan lingkaran hitam, tapi juga kebanyakan tidur.

"Saat kita tidur, darah yang beroksigen akan berkumpul di bawah mata. Tidur dalam posisi tertentu, misalnya tengkurap, akan memperparah lingkaran hitam karena gravitasi menyebabkan lebih banyak darah berkumpul di bawah mata. Ini juga membuat kantung mata lebih terlihat," kata Batra.

Sementara itu, kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar sehingga warnanya lebih gelap.

Coba tidur dengan menghirup aroma.shutterstock Coba tidur dengan menghirup aroma.
3. Gaya hidup tidak sehat
Walau concealer cukup efektif menyamarkan lingkaran hitam, tetapi perubahan gaya hidup sebenarnya lebih berperan  pada penampilan kulit jangka panjang. Misalnya saja, minum cukup air putih akan melancarkan aliran darah.

Demikian juga dengan rutin berolahraga yang akan membuat sirkulasi darah lebih bagus sehingga darah tidak berkumpul di bawah mata. Mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin juga efektif mencegah "mata panda".

4. Gejala flu
Saat kita sedang flu, biasanya lingkaran hitam di bawah mata akan lebih terlihat. "Lingkaran hitam bisa terjadi saat kita sedang sakit, kurang tidur, atau kulit tidak punya cukup waktu untuk memperbaiki diri," katanya.

Bukan hanya itu, obat-obatan tertentu juga bisa membuat warna kulit di bawah mata tampak lebih gelap.

5. Produk pembersih make up
Tidur dalam kondisi wajah yang bersih dari make up memang dianjurkan, tetapi cara membersihkannya juga harus tepat. Menggosok bagian kulit mata terlalu sering dan kasar bisa merusak pembuluh darah di area yang rapuh, misalnya sekitar mata. Akibatnya, lingkaran hitam lebih terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com