Kompas.com - 03/11/2017, 08:18 WIB
Seorang wanita yang mengalami hematohidrosis atau berkeringat darah dalam sebuah gambar dari Canadian Medical Association Journal. Canadian Medical Association JournalSeorang wanita yang mengalami hematohidrosis atau berkeringat darah dalam sebuah gambar dari Canadian Medical Association Journal.
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com — Gambar di atas menunjukkan seorang wanita dengan keringat darah yang merembes membasahi dahi dan mengalir menyusuri kelopak mata hingga ke pipi.

Kondisi yang dialami perempuan berumur 21 tahun di sebuah rumah sakit di Italia itu membuat bingung dokter yang bertugas.

Seperti diberitakan laman USA Today pada akhir Oktober lalu, kondisi "keringat darah" itu merupakan kejadian yang amat langka.

Kondisi pendarahan yang dialami wanita ini muncul di telapak tangan dan wajah, dan ternyata terjadi selama tiga tahun terakhir.

Baca juga: Perokok Wanita Lebih Berisiko Alami Pendarahan di Otak

Penjelasan itu diungkapkan dua dokter yang menangani perempuan itu dalam tulisan Canadian Medical Association Journal edisi 23 Oktober 2017.

Kondisi pendarahan terjadi pada saat penderitanya sedang istirahat ataupun beraktivitas. Demikian diungkapkan Dokter Roberto Maglie dan Marzia Caproni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kondisi tersebut memburuk saat dibarengi tekanan emosional.

Rasa malu karena pendarahan ini menyebabkan wanita tersebut terisolasi secara sosial dan kian mengalami depresi.

Dokter mengatakan, tes darah atas perempauan itu tak menunjukkan hasil yang mampu menjawab misteri itu.

Baik Maglie maupun Caproni mengatakan, hingga saat ini tak ada literatur medis yang mampu mengungkap penyebab kondisi keringat darah semacam ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.