Kompas.com - 09/11/2017, 20:42 WIB
Ilustrasi pertengkaran ShutterstockIlustrasi pertengkaran
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Setiap hubungan pasti memiliki fase naik turun. Anda memang perlu waspada terhadap tanda-tanda bahwa hubungan Anda tidak sehat, tetapi pertengkaran sesekali tidak perlu terlalu Anda pikirkan. Hal itu malah bisa menjadi bumbu dalam hubungan.

Meski demikian, ada satu kebohongan utama yang bisa menyebabkan rusaknya hubungan Anda. Kebohongan seperti inilah yang harus dihindari.

Menurut Cary Carbonaro, Managing Director The Wealth Management firm United Capital, kebohongan tentang keuangan atau berbohong pada pasangan tentang uang adalah racun bagi sebuah hubungan.

"Uang adalah tes lakmus bagi hubungan. Jika Anda memiliki masalah keuangan, maka hubungan Anda juga akan bermasalah. Hal ini terutama terjadi saat salah satu menyembunyikan utang atau rekening bank," papar Carbonaro.

Kebohongan semacam ini kerap terjadi. Menurut sebuah survei tahun 2016, 42 persen pasangan melakukan kebohongan perihal finansial.

Baca juga :Panggilan Sayang Bisa Bantu Selesaikan Pertengkaran

Survei yang dilakukan oleh creditcards.com menemukan bahwa 12 juta orang Amerika memiliki rekening bank rahasia atau kartu kredit yang mereka sembunyikan dari pasangan mereka.

Uang memang menjadi penyebab normal bagi pertengkaran antar pasangan, bahkan dalam pasangan yang saling mencintai sekali pun. Karenanya, jangan sampai masalah ini merusak hubungan Anda.

Mulailah terbuka membicarakan masalah keuangan sejak masih berpacaran. Dari interaksi sehari-hari sebenarnya kita juga dapat mengetahui karakter pasangan terhadap uang dan mengukur apakah tidak terlalu bertolak belakang dengan kebiasaan Anda.

Misalnya Anda orang yang teratur dan selalu mencatat pengeluaran, sementara pasangan ternyata lebih boros. Jika perbedaan ini bisa dijembatani, biasanya topik seputar keuangan tak akan menjadi "duri dalam daging".  Tak ada salahnya juga menyewa perencana keuangan untuk membantu Anda berdua meraih tujuan finansial keluarga.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.