Cara Mudah Usir Kesedihan yang Datang Musiman

Kompas.com - 10/11/2017, 07:47 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Musim dingin bukan hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi juga mengacaukan mood. Bila sejak awal kita sedang memiliki masalah, penurunan suhu di musim dingin dapat menghilangkan minat dan semangat.

Jonathan Alpert, psikoterapis asal Amerika, menerangkan bahwa fenomena tersebut adalah suatu gejala yang biasa disebut dengan seasonal affective disorder atau SAD. Ia banyak menemui pasien dengan gangguan SAD ketika musim dingin cukup parah di tahun 2014.

"Ini semacam gangguan mood yang umumnya terjadi pada saat musim dingin. Namun, bisa juga terjadi pada saat musim-musim lainnya," ucapnya.

Alpert juga mengatakan bahwa SAD ini merupakan bentuk depresi musiman atau terjadi pada musim tertentu. Inilah yang membedakannya dengan bentuk depresi lainnya. Perasaan sedih dan tak bersemangat ini di negara empat musim biasanya dimulai di akhir musim gugur dan terus berlanjut selama musim dingin.

"Pada saat cuaca dingin, masyarakat cenderung malas keluar rumah dan lebih memilih banyak tidur. Saat itulah orang-orang biasanya sulit berkonsentrasi dan merasa putus asa," tambahnya.

Menurut Alpert, penderita SAD juga mungkin kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya mereka sukai dan hanya memilih bermalas-malasan saja. Inilah yang juga menyebabkan berat badan bisa bertambah.

Inilah 6 hal yang bisa Anda lakukan untuk melawan SAD.

1. Pergilah ke luar rumah

Meskipun cuaca sedang dingin, keluarlah dan berjalanlah paling tidak selama 10 menit dalam sehari. Cahaya matahari yang memasuki otak melalui mata dan memengaruhi sintesis serotonin dan dopamin. Serotonin dan dopamin ini adalah dua hormon yang berperan dalam mood.

2. Bergeraklah

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X