Kompas.com - 10/11/2017, 12:08 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Godaan selingkuh bisa dialami siapa saja, tak terkecuali wanita yang sudah bersuami. Titik kritis pada wanita yang sudah menikah terutama terjadi pada usia pernikahan 6-10 tahun.

Yang menarik, ternyata para pria dianggap lebih setia karena keinginan selingkuh seorang pria biasanya baru muncul setelah 11 tahun masa hubungan.

Kesimpulan itu dihasilkan dari penelitian yang melibatkan 423 sampel yang masing-masing  mengisi angket berisi pertanyaan tentang pentingnya menahan godaan perselingkuhan. Mereka juga diminta menyatakan kemungkinan selingkuh saat ada kesempatan.

Riset yang dipublikasikan dalam The Journal of Sex Research tersebut menyimpulkan ada beberapa faktor penyebab seseorang menahan diri untuk setia kepada pasangan terkait moralitas dalam masyarakat. Selain itu, takut akan kesendirian juga menjadi penyebab mereka tetap setia kepada pasangannya.

Hasil penelitian ini dianggap penting untuk membuktikan kebenaran akan teori "fase tujuh tahun kritis" dalam sebuah hubungan.

Baca: Selingkuh Hati yang Menyakitkan

Teori "fase tujuh tahun" ini adalah fenomena yang secara historis mendukung bukti statistik perceraian dan menunjukan bahwa banyak pasangan suami istri berpisah pada periode waktu ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.