Kompas.com - 13/11/2017, 18:32 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Kabar soal Selena Gomez yang bersedia menerima kembali Justin Bieber sebagai kekasihnya membuat sebagian orang kaget— mengingat masalah-masalah dan kelakuan Bieber saat keduanya berpacaran.

Tapi di balik semua itu, Bieber patut diacungi jempol. Pasalnya mendapatkan kembali mantan kekasih—terutama bila kita sudah dianggap tak setia—bukanlah perkara mudah.

Ada sebagian hubungan yang memang tak bisa dilanjutkan, tapi ada juga yang masih bisa diusahakan untuk kembali. Pakar hubungan Paul Hokemeyer, Ph.D., mengatakan, hal yang perlu diketahui adalah bagaimana dan mengapa terjadi perpisahan, lalu menentukan apa yang harus dilakukan setelah itu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari tahu apakah kita sebaiknya kembali berhubungan dengan mantan — dan bagaimana cara melakukannya.

1. Cari tahu mengapa itu terjadi

"Anda perlu benar-benar mencari tahu mengapa Anda putus," kata Hokemeyer. "Tidak siap untuk menjalin hubungan itu jauh berbeda dari hubungan dengan pasangan yang emosional atau melakukan kekerasan fisik."

Jika sebuah hubungan berakhir karena kekerasan, maka lebih baik untuk menghindarinya. Tapi jika salah satu atau keduanya tidak siap secara emosional, ada kesempatan untuk kembali dengan hubungan yang lebih matang dan siap. Dalam kasus Bieber dan Gomez, keduanya mulai berkencan saat mereka masih sangat muda—saat remaja. Bisa dibilang mereka belum cukup dewasa.

Setelah 'mengapa,' maka perlu memikirkan 'apa' dan 'bagaimana,' kata Hokemeyer. 'Apa' adalah penyebab terjadinya perpisahan. "Ada berbagai alasan di sini, mulai yang kekanak-kanakan seperti 'pasangan tidak suka menonton olahraga’ hingga alasan serius yang menyangkut kepercayaan seperti perselingkuhan dan kebohongan yang berulang,” kata Hokemeyer.

Sedangkan pertanyaan 'bagaimana' adalah mengungkap bagaimana perpisahan terjadi. Ini bisa memberi petunjuk soal kematangan kedua orang yang terlibat. "Apakah itu terjadi secara baik-baik, atau tidak?” Hokemeyer menyarankan bahwa hal tersebut harus ditanyakan pada diri sendiri.

2. Pastikan itu benar-benar keinginan Anda

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.