Kompas.com - 14/11/2017, 20:11 WIB
Penulis Wisnubrata
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kondom selama ini dipandang sebagai satu-satunya kontrasepsi untuk pria yang ampuh mencegah kehamilan. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata tersedia banyak pilihan KB untuk pria selain kondom?

Berikut adalah informasi sejumlah metode kontrasepsi pria beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Ejakulasi di luar

Senggama terputus (coitus interruptus), atau yang lebih dikenal dengan metode ejakulasi di luar, adalah bentuk kontrasepsi pria yang tertua di dunia dan masih sering dipraktikkan hingga saat ini. Sekitar 35 juta pasangan di seluruh dunia bergantung pada teknik ini untuk pencegahan kehamilan darurat.

Saat berhubungan seks, pria akan menarik penisnya keluar dari dalam vagina ketika ia merasa akan ejakulasi atau sebelum mencapainya. Ejakulasi akan dilakukan terpisah, di luar dan menjauhi vagina, dengan sangat berhati-hati agar air mani tidak menetes atau tumpah ke vulva wanita.

Baca juga : Mengatasi Impotensi dan Ejakulasi Dini Secara Diam-Diam

Ilustrasi ejakulasiBlackAperture Ilustrasi ejakulasi
Apa kelebihan dari metode ini?

Penerapan metode ini bebas hormon dan praktis, juga tidak membutuhkan biaya sama sekali. Ejakulasi di luar efektif apabila ada komitmen bersama dari kedua pihak.

Apa kekurangan dari metode ini?

Menggunakan metode senggama terputus membutuhkan kemahiran pengendalian diri. Ejakulasi adalah refleks spontan dan tak ada pria di dunia ini yang benar-benar bisa memastikan kapan ia akan orgasme dan ejakulasi. Oleh karena itu, Anda tak benar-benar dapat memperkirakan secara akurat di menit atau detik keberapa Anda harus tarik-keluar.

Menurut Planned Parenthood, 4 dari 100 wanita akan hamil dari partner pria yang menggunakan metode senggama terputus. Artinya, peluang hamil dari metode ini adalah empat persen. Persentase ini cukup tinggi dibandingkan dengan tingkat kegagalan kondom yang hanya dua persen jika digunakan secara tepat. Metode ini juga tidak mencegah penularan penyakit menular seksual meskipun tidak terjadi kehamilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.