Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batuk Tak Mereda, Coba Oleskan Balsam Hangat Pada Kaki

Kompas.com - 15/11/2017, 10:26 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber MSN

KOMPAS.com -Saat tubuh demam dan batuk datang, kita seringkali mengolesi beberapa bagian tubuh, termasuk kaki, dengan balsam hangat. Mengapa di kaki? Apakah hubungan kaki dengan mengobati batuk?

Dokter anak dari Rutgers University Satya D. Narisety, MD, mengatakan kepada Parents.com, "Bahan aktif mentol pada balsam yang dioleskan pada telapak kaki sebenarnya tidak membuka saluran napas atau memecah lendir, tapi itu mampu merangsang otak Anda untuk melancarkan jalan napas, sehingga terbuka, dan Anda tidak terlalu sesak. Batuk pun bisa mereda."

Joe Graedon, seorang farmakolog dari University of Michigan, memiliki teori tentang bagaimana pengobatan balsam pada kaki menggunakan balsam Vicks VapoRub dapat bekerja. Penelitian tersebut berdasarkan riset terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan pemenang Nobel Rod MacKinnon, M.D., dan koleganya Bruce Bean, Ph.D., dari Harvard University.

Studi MacKinnon dan Bean menunjukkan bagaimana saraf yang terlalu terstimulasi dapat memicu kram otot. Mereka menemukan bahwa minum minuman hangat dari ekstrak kayu manis, jahe, dan lada dapat merangsang saraf di mulut, tenggorokan, dan perut, yang mempengaruhi tulang belakang untuk mengatasi saraf yang menyebabkan kram otot.

Baca juga : Benarkah Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk?

Temuan ini membantu menjelaskan bahwa rangsangan saraf bisa mempengaruhi tulang belakang untuk membantu meredakan beberapa gejala penyakit akibat saraf yang terlalu terstimulasi, seperti pada kram dan batuk.

Mengingat bahwa kaki mengandung banyak saraf, Graedon berspekulasi bahwa saraf sensorik di telapak kaki mungkin merespon rangsangan balsam hangat karena pusat batuk di otak berada tepat di sebelah sumsum tulang belakang. Jika saraf sensoris di telapak kaki merangsang sumsum tulang belakang, cara itu kemungkinan besar bisa menekan siklus batuk, meredakan batuk bahkan membuat batuk berhenti.

Baca juga : 8 Cara Mudah Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Walau demikian, memanfaatkan balsam hangat sebagai pereda batuk belum diobservasi secara ilmiah, dan tidak dapat dianggap sebagai obat batuk. Tetapi menurut Graedon, tidak ada salahnya untuk mencobanya saat Anda, pasangan, atau anak, mengalami batuk yang tak kunjung reda. Kenakan pula kaos kaki berbahan katun untuk menguatkan efeknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MSN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com