Kompas.com - 15/11/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meski sudah memasuki usia sekolah, namun tak semua anak laki-laki berani atau siap disunat. Salah satu penyebabnya adalah takut sakit.

Klinik khusus khitan, Rumah Sunatan, kini menawarkan metode sunat tanpa memakai jarum suntik. Menurut penjelasan dr.Mahdian Nur Nasution Sp.BS dari Rumah Sunatan, layanan di klinik ini selalu berupaya membuat anak tidak takut menjalani tindakan sunat.

"Kami saat ini menggunakan jarum suntik yang ukurannya paling kecil yang ada di pasaran. Para dokter dan perawat pun tidak memakai jas putih atau alat-alat kedokteran disembunyikan di laci, tujuannya agar anak tidak takut," ujar Mahdian.

Meski demikian, tetap saja banyak anak yang takut disunat, salah satunya karena trauma dengan jarum suntik. Saat ini diperkenalkan teknologi needle-free injection untuk tindakan sunat pada anak-anak.

Teknologi suntikan tanpa jarum ini memakai injektor berbentuk pompa sebagai pengganti jarum suntik.

"Pada dasarnya obat bius yang dipakai sama, sarafnya juga sama, yang berbeda hanya caranya memasukkan obat. Dengan alat ini obat bius ditembakkan dengan tekanan udara," paparnya dalam acara media edukasi di Jakarta (14/11/2017).

Tekanan udara tersebut membuat obat bius menjadi butiran-butiran kecil dan menembus ke kulit sehingga lebih cepat mencapai target saraf.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama seperti penggunaan jarum suntik, lokasi "tembakan" ada di sekitar penis bagian atas untuk mencapai saraf dorsal di penis.

"Alatnya tidak berbentuk seperti jarum suntik. Jadi dokter bisa menunjukkan dulu ke anak alatnya seperti apa sehingga anak tidak takut. Kalau anaknya nyaman, pengerjaannya juga lebih cepat," imbuh Mahdian.

Teknologi needle-free injection yang dipakai di Rumah Sunatan berasal dari Korea. Alat ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu alat semprot cairan anastesi yang terbuat dari kaca dengan ukuran, injektor, dan pompa injektor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.