Kompas.com - 15/11/2017, 18:02 WIB
Selain di bagian belakang arloji, lokasi produksi jam G-Shock pun dapat dilihat pada bagian belakang buckle pengait tali jam. Pada foto di atas terlihat tulisan China, Japan, dan Thailand, yang menandakan tempat produksi jam-jam itu. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTOSelain di bagian belakang arloji, lokasi produksi jam G-Shock pun dapat dilihat pada bagian belakang buckle pengait tali jam. Pada foto di atas terlihat tulisan China, Japan, dan Thailand, yang menandakan tempat produksi jam-jam itu.
|
EditorGlori K. Wadrianto

TOKYO, KOMPAS.com - Di kalangan para kolektor G-Shock, salah satu hal yang menjadi nilai pembeda antara dua tipe jam yang sama, adalah di mana jam tersebut diproduksi.

Casio selaku produsen G-Shock memiliki pabrik di tiga negara yakni Jepang, China, dan Thailand.

Biasanya, koleksi jam G-Shock buatan Jepang yang diperjualbelikan antara para kolektor, memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang buatan China dan Thailand.

Embel-embel kata "Made in Japan" seolah menunjukkan mutu yang berbeda dibanding produk serupa dari pabrik di luar Jepang.

Tapi, apakah benar ada perbedaan mutu, hingga harus berimbas pada harga jual?

Baca juga : G-Shock Frogman Memang Dirancang untuk Tangan Kiri...

Chief Engineer of Product Strategy Planning, Timepiece Product Division, Casio Ltd, Shinji Saito sempat terdiam sejenak saat mendengar cerita itu.

Shinji Saito adalah pejabat yang selama 10 tahun terakhir menjadi penanggung jawab untuk seluruh lini produksi jam tangan Casio.

"Tidak, tidak akan ada perbedaan mutu, antara produksi Jepang atau pun tempat lainnya," jawab Saito.

Saito mengungkapkan hal itu saat menerima kunjungan Kompas.com dan rombongan Casio dari Indonesia, ke Pusat Riset dan Pengembangan Casio, di Hamura, Tokyo, Jepang.

Di tempat itu, jam-jam yang bakal diproduksi oleh Casio akan menjalani pengujian ketahanan fisik, mulai dari benturan, bantingan, hingga tekanan di kedalaman air. 

Baca juga : Pesta 35 Tahun G-Shock, Hujan Jam Tangan di Madison Square Garden

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X