Kompas.com - 16/11/2017, 05:39 WIB
Ilustrasi Makanan sehat GeorgeRudyIlustrasi Makanan sehat
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Anda pasti pernah mendengar rumus yang menyebutkan bahwa menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan makan lebih sedikit dan bergerak lebih banyak.

Namun untuk mengetahui apakah kalori yang dibakar saat bergerak sudah lebih banyak dari makanan yang dikonsumsi, Anda tetap perlu berhitung.

Menghitung dengan cermat jumlah kalori dalam setiap gigitan makanan memang membantu selama proses diet. Tapi, hal itu menyita waktu dan membuat stres mereka yang kurang cerdas berhitung.

Apalagi kita seringkali menemui banyak kemasan makanan yang tidak memiliki label nutrisi dan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya.

"Contohnya makanan berupa produk segar, produk biji-bijian yang dijual kiloan dan banyak makanan restoran. Menghitung kalori dalam makanan seperti itu bisa bikin pusing," ujar penulis The All-Natural Diabetes Cookbook, Jackie Newgent, R.D.N.

Nah bila Anda termasuk yang enggan berhitung, sebenarnya ada cara mudah untuk menurunkan berat badan dengan tetap mengurangi asupan kalori tanpa harus bermain angka.

Pemilik Amy Gorin Nutrition, Amy Gorin, M.S., R.D.N, mengatakan bahwa perubahan gaya hidup kecil bisa menjadi cara yang mudah untuk menurunkan berat badan tanpa harus membuat kita merasa dibatasi kalori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah enam tips yang akan membantu kesuksesan diet tanpa harus menghitung asupan kalori.

1. Pilih karbohidrat yang benar

Kita tentu mengenal berbagai jenis karbohidrat. Nah daripada menyantap karbohidrat olahan seperti roti tawar putih dan nasi putih --yang cenderung mengandung kalori tinggi dan rendah nutrisi-- lebih baik menggantinya dengan roti biji-bijian (wholegrain) atau nasi merah, hitam, atau cokelat yang lebih berserat, mengenyangkan, dan lambat dicerna.

Halaman:


Sumber menshealth
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.