Kompas.com - 16/11/2017, 10:47 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Diet sehat yang dilakukan pada anak dapat memacu kemampuan membaca mereka, khususnya di masa tiga tahun pertama bersekolah. 

Demikian kesimpulan dari sebuah studi yang dilaksanakan di Finlandia yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition, seperti dilansir laman NDTV.

Disebutkan, penelitian ini melibatkan 161 anak dalam rentang usia 6-8 tahun.

Kualitas makanan yang mereka santap dianalisa dengan bantuan buku harian makanan. Selain itu, keterampilan akademis mereka pun diuji dengan tes standar.

Baca juga : Sudah Diet Sehat tapi Tetap Gemuk? Mungkin Ini Pemicunya

Dari penelitian itu terungkap, anak-anak yang menyantap makanan kaya sayuran, buah-buahan, gandum utuh, ikan, dan lemak tak jenuh, serta rendahnya produk gula, lebih baik dalam tes yang mengukur kemampuan membaca.

Penelitian ini juga menemukan hubungan positif antara kualitas diet dan kemampuan membaca.

Anak-anak dengan diet sehat meningkat kemampuan membacanya menjadi lebih baik dibanding mereka yang mendapat asupan kurang baik.

"Pengamatan penting lainnya adalah bahwa hubungan kualitas diet dengan kemampuan membaca juga terlepas dari banyak faktor perancu, misalnya status sosial ekonomi, aktivitas fisik, dan kebugaran fisik."

Demikian dikatakan Eero Haapala, Peneliti dari University of Eastern Finland.

Dengan demikian, tak bisa disangkal, diet sehat memang menjadi faktor penting dalam mendukung pembelajaran dan prestasi akademik pada anak-anak.

"Orangtua dan sekolah memiliki peran penting dalam membuat makanan sehat tersedia bagi anak-anak," kata Haapala.

Video : Begini Cara Jaga Berat Tubuh dengan Diet Sehat

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.