Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pikiran Lebih Tenang? Coba Pakai Lampu Tidur Warna Biru

Kompas.com - 18/11/2017, 16:00 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber MSN

KOMPAS.com -Pencahayaan di lingkungan kita -baik intensitas maupun warnanya, dapat mempengaruhi emosi dan kesejahteraan psikologis.

Jadi, pada saat Anda menghadapi situasi stres di lingkungan sosial atau dalam hubungan pribadi, cobalah menatap sedikit pada cahaya dalam spektrum biru.

Studi kecil yang dimuat di jurnal PLoS One, menitikberatkan perhatian pada tekanan jangka pendek yang berasal dari hubungan sosial atau interpersonal.

Misalnya, saat Anda sedang berselisih paham dengan pasangan, atau Anda harus memberikan presentasi pada sebuah pertemuan penting, yang menentukan keberhasilan karier.

Baca juga : Stres Picu Keretakan Hubungan dengan Pasangan

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melibatkan 12 sukarelawan dengan sebuah metode yang disebut Montreal Imaging Stress Task.

Sebanyak 12 sukarelawan itu dibagi menjadi dua kelompok.

Satu kelompok beristirahat di ruang kromoterapi dengan pencahayaan lampu biru, sementara yang lain beristirahat di ruangan yang diterangi cahaya putih.

Kedua kelompok mendapat pemantauan untuk sinyal bio, seperti denyut jantung dan aktivitas otak.

Usai menjalani istirahat, para periset menemukan fakta, kelompok yang berada dalam ruang istirahat dengan pencahayaan lampu biru bisa bersantai dan menemukan ketenangan pikiran hanya dalam satu menit.

Baca juga : Ternyata, Inilah ?Manfaat Positif? Garuk Kepala Saat Stres

 

Sedangkan kelompok lampu putih, membutuhkan waktu lebih dari 3,5 menit untuk benar-benar bisa bersantai dan mencapai ketenangan pikiran. Bahkan, ada yang membutuhkan waktu lebih lama dari itu.

Penulis penelitian ini lantas menyimpulkan, informasi yang dilaporkan dalam penelitian ini dapat mempengaruhi teknologi yang digunakan.

Misalnya, penggunaan pencahayaan biru sebelum Anda memulai negosiasi.

Lalu, dalam konteks kehidupan sehari-hari, misalnya selama periode stres bekerja atau saat bersantai di rumah.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh Saat Kita Stres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MSN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com