Kompas.com - 20/11/2017, 11:00 WIB
Seri Commander dari merek jam tangan asal Swiss, Mido. Dok MidoSeri Commander dari merek jam tangan asal Swiss, Mido.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Diluncurkan pada tahun 1959, jam tangan seri Commander dari brand Swiss, Mido, masih menjadi jam yang terus diproduksi sampai hari ini. Apa keistimewaan jam yang ikonik ini?

Usianya yang masih bertahan lebih dari enam dekade merupakan bukti keberhasilan seri Commander. Sesuai dengan namanya yang berarti pemimpin atau komandan, seri Commander memang diharapkan menjadi yang terdepan dalam dunia horologi alias penunjuk waktu.

"Jam ini juga diharapkan banyak dipakai oleh perwira tinggi di kemiliteran, khususnya di Indonesia," kata Vice President Mido Indonesia, Steven Cheng.

Selain sisi fungsional, desain kemudian menjadi faktor penting yang membedakan jam-jam hasil kerja para penekun jam mewah di Swiss. Pada seri Commander ini, gaya klasik dengan kaca permukaan yang dibuat agak menonjol menjadi ciri khasnya.

CEO Mido, Franz Linder, mengatakan,  seri Commander ini bisa eksis lebih dari 50 tahun justru karena kesederhanaan desainnya. “First look-nya memang jam. Seri ini memiliki konsep dan juga pure clean identity,” katanya dalam wawancara dengan Kompas Lifestyle di New York, akhir Oktober 2017.

Mengikuti perkembangan tren jam, seri Commander versi facelift atau generasi kedua sudah diperkenalkan. Secara umum desainnya tidak banyak berubah dari desain originalnya, terutama desain casing-nya, namun diameternya dibuat lebih besar, menjadi 42 mm.

"Ciri lainnya, sistem penyambung rantai ke badan jam dibuat langsung menyatu atau terlihat menyambung tanpa ada lug (cantelan) seperti jam pada umumnya," papar Steven.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagian strap jam menggunakan bahan stainless steel satin yang diintegrasikan ke dalam case dan mudah disesuaikan berkat gesper gesernya.

Selain itu, ciri pembeda paling signifikan terletak pada logonya. Jika versi vintage-nya memakai logo italic, maka yang seri terbaru ini font-nya lurus.

Jam tangan bergaya klasik, seri Commander dari Mido.Dok Mido Jam tangan bergaya klasik, seri Commander dari Mido.
Bagian crown (tombol pemutar) dibuat setipis mungkin, bahkan hampir tidak kelihatan sehingga terasa lebih nyaman di pergelangan tangan. Bagian case back juga dibuat agak miring untuk menambah kenyamanan ketika digunakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.