Kompas.com - 20/11/2017, 16:52 WIB
Ilustrasi karyawan. istIlustrasi karyawan.
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Setiap perusahaan pastinya tak ingin merekrut karyawan asal-asalan. Ada faktor-faktor yang digunakan untuk merekrut para pekerjanya, terutama perihal karakter.

Karakter setiap karyawan adalah hal penting yang menunjang kemajuan sebuah perusahaan. Pekerja keras, percaya diri, memiliki motivasi tinggi, dan fleksibel adalah hal umum yang biasa ditulis para pencari kerja dalam surat lamarannya.

Walau spesifikasi di atas benar adanya, namun sesungguhnya ada hal-hal lain yang dicari perusahaan. Apa sajakah itu? Inilah 6 karakter karyawan yang umumnya dicari oleh perusahaan atau instansi penyedia lapangan kerja:

1. Dapat diandalkan

Bisa diandalkan adalah nilai penting dalam pekerjaan. Jika atasan tidak dapat mengandalkan karyawannya untuk menyelesaikan pekerjaanya tepat waktu, bagaimana sebuah tim bisa mencapai kesuksesan?

Seorang pimpinan akan mencari karyawan yang bisa diandalkan saat dibutuhkan. Bila ada hal yang mendesak, nama yang muncul di kepala para pimpinan adalah karyawan-karyawan itu. Karenanya mereka tidak segan memberi promosi dan kenaikan gaji untuk karyawan jenis itu.

Untuk menjadi karyawan yang bisa diandalkan, seringkali seseorang harus cepat tanggap terhadap perintah dan keinginan atasan. Mereka yang lambat menjawab perintah atau tidak segera melakukannya, bisa dianggap tak bisa diandalkan.

Baca juga : Sulitkah Jadi ?Bos? yang Tidak Dibenci Karyawan?

2. Jadilah orang yang "Admirable"

Admirable di sini bisa diterjemahkan sebagai orang yang menyenangkan, terpuji, dihormati, hingga dikagumi. CEO Amazon, Jeff Bezos, mengatakan bahwa bekerja dengan seseorang yang Anda kagumi membuat Anda bekerja lebih keras dan menciptakan kekompakan tim.

Jadi, bagaimana caranya menjadi seseorang yang mengagumkan? Kenalilah teman kerja Anda secara personal, bukan hanya di kantor. Bersosialisasilah dengan mereka, dan mengerti hal-hal apa yang mereka angap penting.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.