Kompas.com - 22/11/2017, 13:36 WIB
Tidak bahagia di tempat kerja leolintangTidak bahagia di tempat kerja
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jika Anda merasa frustasi di tempat kerja, namun berhenti kerja bukanlah pilihan yang memungkinkan, maka masih ada cara lain untuk menghadapinya.

Seberapa sering Anda memulai kalimat dengan "Saya akan merasa senang bila...?

Hentikan sekarang juga. Riset terbaru menunjukan bahwa setiap kali Anda mengatakan kepada diri betapa buruknya situasi saat ini, Anda menciptakan sugesti pada otak untuk selalu mengeluh.

Saraf pada otak kemudian akan terpicu untuk selalu berpikir buruk. Misalnya saat atasan  memanggil dengan nada atau intonasi tertentu, maka Anda bakal berpikir negatif dan merasa bahwa pekerjaan Anda gagal.

Nah, bila itu yang terjadi, yang perlu dilakukan adalah memprogram ulang otak Anda. Clare Josa, penasihat karir dan penulis buku 'Dare To Dream Bigger' membeberkan tips sederhana agar kita selalu mencintai pekerjaan.

Inilah tips tersebut.

1. Menerima keadaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

pekerjaanpekerjaan pekerjaan

Segera setelah Anda menyadari ketegangan di tubuh, terutama di rahang, wajah atau perut, kemungkinan ini mengarah pada pola pikir negatif. Terimalah hal tersebut sebagai 'peringatan'. Namun, jangan hanyut dalam perasaan tersebut. Segeralah bangkit dan hilangkan pikiran negatif itu.

2. Bernapas

Bila ketegangan atau rasa negatif datang, cobalah rileks dan tariklah nafas Anda sedalam mungkin. Bernafaslah dari hidung dan keluarkan dari mulut. Ini dapat menyeimbangkan kembali sistem saraf kita. Bayangkan Anda sedang mentransfer seluruh energi dari ujung rambut hingga ujung kaki. Cara ini diyakini bisa menghilangkan ketegangan.

Baca :7Cara Membuat Rutinitas Kerja Jadi Lebih Sehat

3. Memilih bahagia

Ilustrasi senyumanMinerva Studio Ilustrasi senyuman

Ambillah hikmah dari situasi Anda saat ini. Tidak peduli seberapa kecilnya, tetap ucapkanlah terimakasih pada apapun yang terjadi. Ini bukan soal berpura-pura senang. Tapi, tentang bagaimana cara membebaskan diri dari situasi negatif dan memilih untuk berbahagia dalam menghadapi beragam peristiwa.

Baca juga : Singkirkan 15 Hal Ini Agar Hidup Lebih Bahagia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.