Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Imajinasi Anak Lewat Permainan Rumah Boneka

Kompas.com - 22/11/2017, 18:50 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Permainan memiliki beragam manfaat--bahkan bisa membangun tingkat kecerdasan serta tumbuh dan kembang anak. Salah satu mainan yang memiliki sisi positif adalah rumah boneka. Permainan ini, kata dr Markus M Danusantoso, Early Learning Centre (ELC) Child Development Specialist, dapat membangun imajinasi anak.

"Mainan rumah-rumahan ini diharapkan membuat anak berimajinasi, dia bisa bercerita apa yang ada di benaknya lewat mainan boneka dan rumah-rumahan," kata Markus saat peluncuran 50 permainan edukatif untuk tumbuh kembang anak dari ELC, ELC Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Imajinasi lain berupa ruang yang ada di dalam rumah boneka. Di dalam rumah itu biasa terdapat beberapa ruangan, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu hingga dapur. Kesadaran dan imajinasi ruang itu perlahan bisa dibangun dengan interaksi saat menemani sang anak bermain.

Ilustrasi rumah bonekaSergey_Nivens Ilustrasi rumah boneka
Orangtua juga bisa menyisipkan pengetahuan mana yang benar atau salah dalam permainan sejenis ini. Saran ini lantaran anak-anak saat usia tiga hingga lima tahun masih coba-coba. Markus mengatakan saat menemani anak bermain, orangtua diharapkan interaktif, seperti memberitahu bahwa untuk masuk ke rumah harus melewati pintu, bukan jendela.

"Jangan saat anak memasukan sesuatu lewat jendela, terus diapresiasi, coba arahkan seharusnya masuk lewat pintu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com