Kompas.com - 24/11/2017, 15:18 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Walau sudah rela menahan diri untuk tidak melahap pizza, es krim, atau makanan serba digoreng demi mendapatkan tubuh ideal, ternyata angka timbangan terus bertambah.

Kita memang sering tidak menyadari bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan ternyata justru membuat berat badan bertambah.

Susan Peirce Thompson, PhDm, Presiden Institute for Suistainable Weight Loss, mengatakan bahwa kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat mencoba menurunkan berat badan sering kali dimulai saat mereka bangun di pagi hari.

"Bangun tidur adalah saat pertama kita meletakkan fondasi yang menentukan bagaimana hari-hari kita akan berjalan. Jadi, sangat penting untuk membangun kebiasaan baik saat pertama kali bangun tidur," paparnya.

Inilah kebiasaan di pagi hari yang membuat berat badan terus bertambah.

1. Terlalu banyak tidur

Kita semua pernah mendengar bahwa kurang tidur dapat menyebabkan berat badan bertambah. Ini terjadi karena meningkatnya hormon kortisol yang merangsang nafsu makan. Nah, ternyata terlalu banyak tidur juga berdampak negatif.

Riset dalam jurnal PLOS One menemukan fakta bahwa tidur lebih dari 10 jam semalam juga berisiko meningkatkan indeks massa tubuh. Durasi tidur yang dianjurkan adalah 7-9 jam setiap hari.

2. Membiarkan kamar tidur tetap gelap

Jangan biarkan tirai jendela kamar terus  tertutup setelah bangun tidur. Studi dari PLOS One menemukan bahwa sinar matahari juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.